Main Menu

Buku ”Indonesia Mewarnai” untuk Sukseskan Wonderful Indonesia

Nur Hidayat
22-09-2016 08:31

Komunitas Tabrak Warna dalam peluncuran buku Indonesia Mewarnai (GATRAnews/dok)

Jakarta, GATRAnews - Aktivitas mewarnai kini tak melulu terjadi di kalangan anak-anak, tapi juga mereka yang sudah dewasa. Bahkan mewarnai kini menjadi trend di Indonesia dan kian marak dengan kehadiran "Indonesia Mewarnai: Collaborative Coloring Book". "Buku ini ikut menyukseskan Wonderful Indonesia,tagline pariwisata kita. Ilustrasinya membuat kita kangen dan bangga dengan keberagaman dan keunikan Indonesia," kata Founder Komunitas Tabrak Warna, Tria N, dalam Soft Launching buku Indonesia Mewarnai, di Markas Komunitas Tabrak Warna, Kawasan Wisata Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta, Rabu (20/9). 

Hal sederhana yang mengingatkan kita pada Indonesia, lanjutnya, bukan hanya budaya, tradisi dan keberagamannya, tetapi juga camilan unik dan kuliner khas seperti sate, kerupuk, mie instan, ketupat, dan lain-lain. Ada juga macam-macam hantu ala Indonesia. "Ini sederhana dan unik, tapi bikin kita kangen Indonesia terutama kalau kita sedang di luar negeri," ujar Tria yang juga Penyusun My Own World

Indonesia Mewarnai merupakan hasil kolaborasi 17 ilustrator dan anggota aktif Tabrak Warna dari berbagai daerah di Indonesia. Buku terbitan Penerbit Renebook, Jakarta ini berisi 46 gambar yang merefleksikan kekayaan, keragaman, keunikan, dan kemajemukan Indonesia. 

Uniknya, ke-17 ilustrator buku ini tidak pernah bertemu secara langsung. Mereka hanya berkomunikasi dan saling bertukar pikiran di grup komunitas. Hal itu karena anggota Tabrak Warna memang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. “Di komunitas itulah digagas ide untuk membuat satu buku hasil karya anggota komunitas sendiri, dan secara khusus didedikasikan untuk Indonesia,” jelas Tria.

“Kami tertarik menerbitkan buku ini karena unik dan berbeda, dan kami melihat adanya spirit keindonesiaan yang kuat dalam buku ini," tambah Luqman Hakim Arifin, CEO Renebook. 

Ilustrasi lain dalam buku ini di antaranya tari-tarian daerah, rumah adat Joglo, Keris, Tugu Monas, Wayang, Barongsai, Komodo, Burung Cenderawasih, Kerupuk, Bunga Raflesia, Pasar Malam, Bambu Runcing, Monas, GWK, Reog, dan Kemacetan. 

Tria menambahkan, buku ini diharapkan dapat ikut mengkampanyekan tagline “Wonderful Indonesia” guna mendukung pariwisata Nasional. Terlebih karena hampir semua objek wisata ikonik Indonesia, seperti Monas, GWK, Borobudur, dan lain-lain tergambar dengan cantik di buku ini. Soft Launching ini dihadiri anggota Komunitas Tabrak Warna, penerbit, dan masyarakat umum. 


Editor: Nur Hidayat

Nur Hidayat
22-09-2016 08:31