Main Menu

Pemerintah Minta SGU Sediakan Kampus Baru Awal Februari

Averos Lubis
25-03-2017 10:18

Jakarta, GATRAnews - Kemelut yang menimpa kampus Swiss German University (SGU) adalah masalah yayasan pengelola perguruan tinggi di Tanggerang tersebut, dan tidak boleh mengorbankan mahasiswanya. Semua pihak diminta bersabar, "Walau sudah ada putusan dari PN Tangerang, SGU masih dapat melakukan banding," ujar Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti Patdono Suwignjo.

 

Menurut Patdono, usai rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Selasa (17/1/17), sekarang ini Kemenristekdikti menyarankan kepada yayasan SGU melakukan langkah persuasif untuk menyediakan segera gedung kampus yang baru. Itu, lanjutnya, harus terjadi dalam perkuliahan baru pada Februari mendatang.

 

Dia menambahkan bahwa Kemenristekdikti sudah meminta Yayasan SGU untuk menyediakan lahan, gedung, dan laboratorium yang baru di awal Februari.

 

Nah, bila yayasan masih tidak memenuhi syarat-syarat dalam mendirikan Perguruan Tinggi akan dilakukan tindakan tegas. "Akan ditutup, ijinnya dicabut," tuturnya.

 

Patdono menjelaskan suatu yayasan penyelenggara Pendidikan Tinggi itu bila ingin mendirikan suatu Perguruan Tinggi harus meminta ijin dan mendaftar ke Kemenristekdikti.

 

Bila syarat-syaratnya ketika telah mendaftar harus terpenuhi. Maka mereka mendapat ijin. Namun, lanjutnya,  bila dalam pelaksanaan syarat-syarat yang harus terpenuhi itu tidak dijalankan dan hilang. Maka berarti mereka sudah melanggar Permen Kemenristekdikti. "Permen baru yang ada Nomor 100 Tahun 2016," ucapnya.

 

Bila  suatu kampus tidak memiliki lahan dan gedung, Kemenristekdikti akan memperingati yayasan tersebut. Dan bila sudah diperingati, tidak juga dipenuhi oleh pihak yayasan. Maka ijinnya akan dicabut.

 

Namun ia mengingatkan nasib mahasiswa tidak boleh dikorbankan. "Dalam peraturan terutama Permen Kemenristekdikti itu selalu mahasiswa tidak boleh dikorbankan oleh yayasan," ujarnya.


Reporter: Averos Lubis

Editor: Dani Hamdani 

Averos Lubis
25-03-2017 10:18