Main Menu

HUT ke-50, PPM Manajemen Luncurkan Model Transformasi Organisasi

Dani Hamdani
24-08-2017 18:06

Bramantyo Djohanputro, Direktur Eksekutif PPM Manajemen saat meluncurkan 'Model Transformasi Organisasi' di Jakarta, 23 Agustus 2017. (Dok GATRAnews/PPM Manajemen)

Jakarta, GATRAnews – Memperingati usianya ke-50, tahun ini, sekolah bisnis dan konsultan PPM Manajemen meluncurkan “Model Transformasi Organisasi”. Peluncuran itu dilakukan dalam acara Seminar & Apresiasi PPM 2017 yang mengangkat tema “Transformasi untuk Membangun Keunggulan” di Java Grand Ballroom, The Westin Hotel Jakarta, Rabu (23/8/17).

 

“Semua organisasi saat ini dihadapkan pada tekanan-tekanan dari lingkungan eksternal, yang membuat organisasi harus cepat beradaptasi," kata Bramantyo Djohanputro, Direktur Eksekutif PPM Manajemen. Salah satu cara menghadapi perubahan-perubahan tersebut, lanjutnya melalui transformasi organisasi.

 

Sayangnya, lanjut Bramantyo, hingga saat ini belum ada literatur yang membahas mengenai model transformasi organisasi.

 

“Model transformasi organisasi ini sudah dikaji  cukup lama, guna meyakinkan kami bahwa model transformasi organisasi ini tepat diterapkan,” ujarnya. 

  

Jadi, lanjutnya, PPM meluncurkan Model Transformasi Organisasi atas dasar adanya kebutuhan dari organisasi untuk bertransformasi untuk menjadi organisasi yang inovatif, bernilai, dan berkelanjutan.

 

Seminar & Apresiasi PPM 2017 juga menghadirkan Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI ; Novel Arsyad, Direktur SDM PT Wijaya Karya (Persero) Tbk; dan, Widyarso Rooswinanto, Kepala Pusat Inovasi dan Kolaborasi PPM Manajemen. Turut hadir dan memberikan sambutan Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan RI.

 

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memberi sambutan pada HUT 50 PPM Manajemen, Jakarta, 23 Agustus 2017. (Dok GATRAnews/PPM Manajemen)
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memberi sambutan pada HUT 50 PPM Manajemen, Jakarta, 23 Agustus 2017. (Dok GATRAnews/PPM Manajemen)

Dalam sambutannya, Enggartiasto Lukita juga menekankan  pentingnya transformasi bagi organisasi dalam menghadapi perubahan akibat faktor eksternal.

 

“Saat ini kita dihadapkan pada kondisi perekonomian global yang tidak pasti, kondisi tersebut memengaruhi kinerja organisasi. Para pemimpin organisasi harus bisa menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi, harus melakukan transfomasi,” kata Enggartiasto. 

 

Sementara itu Ignasius Jonan, yang hadir sebagai pembicara kunci, berbagi pengalaman saat melakukan transformasi besar-besaran di tubuh PT KAI.

 

Menurut Jonan, dalam proses transformasi membutuhkan seorang pemimpin pemberani yang bisa mengkoordinasikan tim kerjanya untuk membawa perubahan.

 

“Jangan pernah takut untuk melakukan perubahan, karena kita bisa belajar dari kegagalan atau kesalahan yang dilakukan untuk melakukan perubahan yang lebih baik” kata Jonan. 

 

Apresiai PPM 2017

 

Pengurus dan Alumni PPM Manajemen, 23 Agustus 2017 9Dok GATRAnews/PPM Manajemen)
Pengurus dan Alumni PPM Manajemen, 23 Agustus 2017 9Dok GATRAnews/PPM Manajemen)

Dalam rangka HUT ke-50 PPM Manajemen juga memberikan Apresiasi PPM 2017 kepada 77 organisasi yang terdiri dari Kementerian, Lembaga, BUMN, BUMD, dan Swasta. 

 

Apresiasi ini diberikan kepada klien PPM Manajemen yang telah turut membangun bangsa dengan membawa spirit PPM. Ada empat pertimbangan dalam pemberitan Apresiasi pada ke 77 organisasi tersebut:

(1) memiliki nilai-nilai luhur yang sejalan dengan nilai-nilai PPM yaitu Pelopor, Luhur, Unggul dan Santun;

(2) memiliki kepedulian dalam pengembangan organisasi dan sumber daya manusia di organisasinya;

(3) menjadi mitra strategis yang memberikan peluang bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen PPM untuk mendapatkan pembelajaran langsung di organisasi; dan

(4) telah menjadi bagian dalam tumbuh kembang perjalanan 50 tahun PPM Manajemen.  

 

Apresiasi PPM 2017 terdiri dari 5 kategori: Kategori Komitmen Pengembangan Kompetensi dan Profesionalisme Eksekutif, Kategori Penempatan Eksekutif Berbasis Kompetensi dan Profesionalisme, Kategori Komitmen Pengembangan Organisasi, Kategori Komitmen Kemitraan Pendidikan Manajemen, dan Kategori Komitmen Pengembangan Organisasi Terintegrasi.

 

Anugerah Kadarman

 

Empat Penerima Anugerah Kadarman, Jakarta, 23 Agustus 2017. (Dok GATRAnews/PPM Manajemen)
Empat Penerima Anugerah Kadarman, Jakarta, 23 Agustus 2017. (Dok GATRAnews/PPM Manajemen)

Masih dalam rangkaian ulang tahun, Ikatan Alumni PPM juga memberikan apresiasi berupa Anugerah Kadarman. Anugerah tahunan ini diberikan  kepada para Alumni Sekolah Tinggi Manajemen yang dinilai berhasil menunjukkan prestasi dalam pengembangan organisasi dan sumber daya manusia di organisasi masing-masing. 

 

Sejak berdiri pada 1967,  PPM Manajemen berkomitmen menjadi mitra dalam menjawab solusi manajemen terintegrasi bagi organisasi. PPM Manajemen rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam upaya pengembangan ilmu dan praktik manajemen di Indonesia, serta menjadi Afiliasi dari berbagai Asosiasi Internasional. PPM Manajemen juga banyak menyelenggarakan pelatihan bersertifikasi Nasional.

 

PPM Manajemen, lanjut Bramantyo, terus berkontribusi dalam pengembangan organisasi maupun pengembangan kompetensi dan profesionalisme individu melalui jasa layanan terintegrasi.

 

"Dengan beragam jasa dan layanan yang ditawarkan, PPM Manajemen akan senantiasa memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia," pungkas Bramantyo.


Editor: Dani Hamdani  

 

Dani Hamdani
24-08-2017 18:06