Main Menu

Komikus Daerah Bertemu dengan Penerbit Mancanegara di Popcon Asia 2015

Edward Luhukay
10-08-2015 18:09

Ilustrasi Para Pembaca Komik (AFP Photo/Jean Pierre Muller)Jakarta, GATRAnews - Budaya komik di Indonesia rupanya mulai berkembang. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya komik baru yang tercipta dari tangan kreatif pemuda Indonesia. Seperti yang terjadi di ajang pameran Popcon Asia 2015, agenda tahunan ini menjadi daya tarik bagi pencipta komik Indonesia untuk memamerkan karyanya. Satu di antaranya adalah karya komikus asal Solo, Jawa Tengah, Lolo Biru.

Lewat komik ciptaannya yang berjudul Biru, Lolo memberanikan diri tampil sebagai exhibitor di Popcon Asia 2015 untuk pertama kali. Menurut Lolo, Biru adalah cerita kepahlawanan yang menggabungkan karakter modern yang digabungkan dengan unsur budaya Indonesia.

"Di Solo, sedikit komik modern. Lebih banyak komik karakter tradisional. Namun, saya ingin menampilkan yang berbeda. Walaupun modern, tapi saya tetp mengusung nilai kebudayaan Indonesia," ujar Lolo, Minggu (9/8), di Popcon Asia 2015, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Dalam membuat komik ini, Lolo berkolaborasi dengan ilustrator asal Ibu Kota, Dicky Maulana. Ajang ini, kata Lolo, sangat baik untuk memacu kreativitas pencipta komik nusantara. Dirinya pun sempat berkenalan dengan sejumlah penerbit yang tertarik memproduksi komiknya.

"Saya sempat didatangi oleh beberapa publisher, antara lain Mapple Comic dari Malaysia, dan Digital Catalput Publisher. Selanjutnya, saya akan bertemu publisher tersebut untuk membicarakan kerja sama," jelasnya.



Reporter: RAB
Editor: Edward Luhukay {jcomments on}

Edward Luhukay
10-08-2015 18:09