Main Menu

Tim Tari Ajuwara Sulses Raih Penghargaan Festival Tari Eropa

Edward Luhukay
11-09-2015 09:20

London, GATRAnews - Penampilan seni budaya dari Indonesia mendapatkan apreasiasi di luar negeri. Kali ini, kelompok seni tari Ajuwara dari Sulawesi Selatan mendapatkan penghargaan First Award Golden Orpheus untuk kategori Ritual Dance Folklore di gelaran XII Black Sea Festival Euro Folk 2015. Ajang ini berlangsung di kota Kiten, Bulgaria, sejak 2 September 2015 dan ditutup 5 September 2015. Tim Ajuwara berhasil menyingkirkan 85 kelompok tari dari enam negara yang ikut tampil, antara lain Bulgaria, Latvia, Polandia, Rusia, India, dan Austria.

Seperti yang dilansir Antara, Pensosbud KBRI untuk Bulgaria, Sofia Dina Martina mengatakan, tim tari Ajuwara dinilai unik karena menampilkan kostum tradisional Makassar, yang meliputi sarung, baju bodo, dan busana adat Toraja.

Tim ini juga dianugerahi penghargaan Essential Contribution at Preserving and Developing of Traditional Folklore Art; Holder of the Honorary Sign of Musical Feast Euro Folk; Discovery of the XXI Black Sea Fest; Laurete.

Prestasi yang diraih tim Indonesia membuat kelompok tari ini mendapatkan rekomendasi dari penyelenggara untuk mengikuti World Championship of Folklore 2016, yang diadakan pada Agustus 2016 di Bulgaria.

Presiden Festival Kaloyan Nikolov menyampaikan terima kasih kepada Dubes RI yang telah mendukung penuh keikutsertaan tim tari Ajuwara Sulawesi Selatan Indonesia pada Festival ini. Tim telah bersedia hadir meskipun harus menempuh perjalanan panjang guna memperkenalkan tradisi dan budaya Sulawesi Selatan. Kaloyan bahkan menyebut tim sebagai the most greatest performance.

Ketua Tim, Abdi Bashit, mengatakan bahwa kesenian merupakan jembatan yang dapat menghubungkan berbagai bangsa berbeda di dunia sebagaimana disaksikannya selama Festival. Semua materi musik dan tari memiliki konsep yang sama, yaitu kerukunan dan kebersamaan di antara keberagaman tradisi dan budaya.



Reporter: RAB
Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
11-09-2015 09:20