Main Menu

Ini Dia Para Pemenang Putra Putri Batik Nusantara 2015

Edward Luhukay
20-09-2015 11:55

Jakarta, GATRAnews - Iqbal Amrullah (Tangerang Selatan) dan Putu Nanda Pramadya P (Bali) berhasil menyabet gelar Putra Putri Batik Nusantara 2015, Sabtu (19/9) malam. Perhelatan yang digelar di Gedung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta. Para pemenang diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta generasi muda untuk dapat melestarikan, mengembangkan, dan menghargai batik sebagai warisan budaya bangsa, sebagaimana tertuang dalam misi pergelaran ini.

Ketua Umum Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) Ayu Diah Pasha berharap, para pemenang Putra Putri Batik Nusantara 2015 dapat meneruskan tongkat estafet dari kiprah para finalis pada tahun-tahn sebelumnya. "Para pemenang Putra Putri Batik sudah membidik bisnis batik, sebelumnya. Karya-karya mereka sudah ada di beberapa gerai di mal," katanya.

Secara umum Ayu juga berharap, baik Iqbal maupun Putu dapat mengembangkan dan memperkenalkan batik ke khalayak ramai, terlebih kaum muda. "Kita pengen batik terus berkembang, artinya batik makin dikenal anak muda," ujar perempuan yang langganan bermain di berbagai judul sinetron ini.

"Kalau anak muda bergerak, bakal menjadi dampak yang besar di setiap lapisan masyarakat," Ayu, menambahkan.

Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2015 diikuti 628 peserta dari seluruh Indonesia yang mendaftar secara online, melalui situs berbagi video YouTube. Dari ratusan pendaftar tersebut, terpilih 66 finalias. Lantas, dari 66 finalis disaring menjadi 28 finalis, yang mewakili 19 kota di Indonesia. Dari Brebes, Semarang, Solo, Yogyakarta, Cilegon, Manado, dan Jakarta.

Setelah dikarantina sejak pertengahan September 2015, akhirnya pada Sabtu (19/9) malam, sejumlah kategori dibagikan kepada sejumlah pemenangnya.

Dengan penilaian berdasarkan berbagai kriteria, diantaranya pemahaman tentang sejarah batik dan dinamika yang menyertainya, lalu kemampuan membatik hingga public speaking, akhirnya digelar puncak acara, yakni Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2015.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
20-09-2015 11:55