Main Menu

Komunitas Ayo Dongeng Indonesia Gelar Festival Dongeng Jakarta

Fahrio Rizaldi A.
23-10-2015 22:35

Artikel Terkait

Jakarta, GATRAnews - Para pendongeng yang tergabung dalam Komunitas Ayo Dongeng Indonesia menggelar agenda hiburan rakyat. Kali ini, pendongeng dan sastrawan berbagi cerita kepada masyarakat dalam nuansa budaya Betawi. Gelaran bertajuk Featival Dongeng Jakarta ini digelar pada Sabtu (24/10) di Kampung Budaya Betawi, Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Festival ini akam diisi dengan kegiatan dogeng hikayat Betawi, pertunjukan boneka, musik, dan arena kuliner.

Para pendongeng yang tampil antara lain, Ario Zidni, Resha Dongeng, Kak Dwi, Winna & Winnie Puppetari, serta pendongeng dari Abang None Jakarta. Ada pula penampilan dari sastrawan Eka Budianta, dan Sahibul Hikayat, serta budayawan dan tokoh Betawi, Bang Yahya Andi Saputra. Selain dongeng, agenda ini diramaikan pula oleh Tarian Tunggal Topeng Betawi yang dibawakan oleh Wanna H. Bokir, cucu dari komedian. Wanna dikenal sebagai penari Betawi yang telah tampil di berbagai ajang internasional dan menjuarai lomba tari di tingkat dunia.

Festival Dongeng Jakarta juga mengajak masyarakat untuk mengikuti Jelajah Kampung Betawi. Kegiatan ini dilakukan selama satu jam. Masyarakat diajak berkeliling wilayah Danau Setu Babakan sembari mengenal budaya Betawi, rumah adat, mencoba permainan tradisional, hingga membuat ondel-ondel mini dan meracik minuman Bir Pletok.

Ada pula kegiatan Bermain dan Bercerita bersama Rumah Capung, yang ditujukan untuk mendidik anak-anak mengenal lingkungan hidup melalui kegiatan yang menyenangkan.

Workshop Parenting Story Telling Mendongeng Itu Mudah bersama Kak Aio diberikan untuk memandu para ayah dan ibu agar memiliki kemampuan mendongeng dan menjadikan dongeng sebagai bagian aktivitas keluarga. Ketiga acara ini memiliki kapasitas peserta terbatas dengan kontribusi Rp 75 ribu.

Festival Dongeng Jakarta merupakan kegiatan pertama yang digelar untuk menuju Festival Dongeng Internasional Indonesia. Dalam debutnya, festival budaya tersebut mengusung tema Dongeng di Kampung Betawi. "Tujuannya untuk menumbuhkan dan memperluas kecintaan pada kegiatan mendongeng. Kegiatan ini merupakan alternatif untuk mendidik dan menghibur anak bahkan segala usia," tutur Ariyo Zidni alias Kak Aio, Pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, sekaligus Direktur Festival Dongeng Jakarta dan Festival Dongeng Internasional Indonesia, melalui siaran pers yang diterima GATRAnews, Kamis (22/10).

Tema Dongeng di Kampung Betawi dan lokasi Setu Babakan dipilih agar para peserta, khususnya kaum urban dan keluarga muda di Jakarta dan sekitarnya, kembali mengenal dan mencintai budaya Betawi, seni tutur Sohibul Hikayat khas Betawi. Kami juga mengajak masyarakat mengunjungi Perkampungan Budaya Betawi dan danau buatan Babakan, sebagai ikon budaya dan wisata Jakarta yang masih belum dikenal luas," pungkasnya.



Reporter: RAB
Editor: Edward Luhukay

Fahrio Rizaldi A.
23-10-2015 22:35