Main Menu

Ini Dia Teko Seharga Rp 45 Milyar!

Rohmat Haryadi
19-09-2016 10:02

Teko warisan Dinasti Qianlong (Dok. Sotheby's)

Jakarta, GATRANews - Lebih dari sepuluh orang berjuang memenangkan lelang teko Cina peninggalan dinasti Qianlong. Teko itu salah satu dari dua teko yang kini ada. Karena sengitnya persaingan, teko Cina langka dari abad ke-18 itu telah terjual seharga US$ 3,49 juta atau Rp 45 milyar lebih. Sepuluh kali harga yang diharapkan.



Karya seni adalah sebuah ode Kaisar Qianlong yang pecinta teh dan karya seni angka. Mungkin Kaisar, menikmati sajian minuman sambil mengagumi guratan karya seni pada poci. Poci itu dijual rumah lelang Sotheby di New York, 16 September lalu, dengan harga penawaran sekitar US$ 250.000.


Penawaran cepat naik, dan US$ 1 juta pun segera dilampaui. Sejumlah orang di dalam ruang lelang, dan penawar lewat telepon terus berjuang untuk memenangi teko itu. Teko rumit dan rinci itu akhirnya dijual ke pembeli Asia seharga US$ 3.490.000.


Angela McAteer, Kepala Departemen Seni Karya Cina Sotheby, mengatakan: "Kontes lebih dari sepuluh penawar yang mendorong poci berusia 250 tahun itu sampai US$ 3.500.000. Ini mengingatkan kita tentang sihir yang unik pada lelang.”


"Seperti yang kita lihat selama dua hari penjualan, pasar seni Cina tetap kuat. Dengan kolektor utama sangat terlibat untuk memiliki contoh terbaik dari karya seni sebuah warisan negara,” katanya.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
19-09-2016 10:02