Main Menu

Pentas "Gema Bumi Palapa" Dinilai Layak Masuk MURI

Edward Luhukay
19-11-2016 21:45

Semarang, GATRAnews - Pentas Gema Bumi Palapa, aksi drama musikal yang melibatkan ratusan mahasiwa berprestasi penerima Djarum Beasiswa Plus 2016, dianggap layak untuk masuk Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Para pihak yang terlibat pada pertunjukan tari, musik, dan drama, yang dikomandani oleh Denny Malik tersebut, hanya diberi jatah waktu empat hari untuk berlatih.

"Tamu-tamu bilang kalau ini seharusnya masuk MURI. Karena drama musikal (persiapannya) empat hari. Dan empat hari itu nggak full day!" ungkap Denny, usai pentas drama musikal tersebut di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/11) malam.

Gema Bumi Palapa merupakan puncak dari rangkaian acara Nation Building gagasan Bakti Pendidikan Djarum Foundation. Dengan tema tentang kejayaan Kerajaan Majapahit, sebanyak 525 mahasiswa berprestasi penerima Djarum Beasiswa Plus 2016, saling beradu akting di atas panggung.

"Acara ini sangat penting bagi generasi muda Indonesia, khususnya para Beswan Djarum (sebutan bagi para penerima Djarum Beasiswa Plus --Red.), karena wawasan kebangsaan merupakan modal kepercayaan diri dan rasa hormat kita sebagai bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia," jelas Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H Serad.

"Kami ingin para Beswan Djarum memiliki rasa persatuan dan kebanggaan sebagai insan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita menjadi bangsa ini sebagai bangsa besar yang bermartabat," Primadi, menambahkan.

Secara teknis, Denny mendapatkan tantangan untuk mengolah drama musikal ini dengan bermodalkan para pemain yang notabene bukan pemain teater. "Ya harus keras dikit, tapi saa juga harus sistematik," kata koreografer berumur 53 tahun ini.

"Alhamdulillah, mereka anak-anak pinter. Daya tangkap menghafal dialog dan menghafal gerak, mereka cepat! Walaupun kaku, sepertinya itu tidak masalah. Yang penting mereka bisa menerima gerakan, menghafal dialog, dan berekspresi dengan baik, selama empat hari itu. Itu sudah cukup baik," Denny, menambahkan.

Pentas Gema Bumi Palapa ini sekaligus menjadi momentum pengukuhan ratusan mahasiswa tersebut sebagai penerima Beswan Djarum periode 2016-2017.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
19-11-2016 21:45