Main Menu

Monolog Bung Karno: Besok atau Tidak Sama Sekali!

Riana Astuti
15-08-2017 08:01

Wawan Sofwan dalam Monolog Bung Karno (GATRAnews/RAS)

Jakarta, GATRAnews - Menjadi Penggiat seni merupakan, anugrah Tuhan yang tak terhingga. Hal itulah yang dirasakan Wawan Sofwan, seorang sutradara, penulis naskah sejumlah teater sekaligus pemain monolog. Melakoni tokoh Soekarno pada pementasan teater Monolog Bung Karno: Besok Atau Tidak Sama Sekali di Galeri Indonesia Kaya (13/8) merupakan kebanggaan.

Selama 60 menit Wawan memanjakan puluhan pasang mata penonton yang hadir. Monolog Bung Karno: Besok Atau Tidak Sama Sekali merupakan karya terbaru, biasanya pria yang bermukim di Bandung ini hanya membacakan pidato Soekarno saja.

Pada alur cerita dikisahkan bagaimana Soekarno melepaskan Indonesia dari penjajahan. "Biasanyakan saya sering membacakan pidato Soekarno. Dalam pikiran saya mau hal baru. Nah, terlahirlah monolog ini," tutur Wawan. Disamping itu karyanya merupakan kado untuk menyambut HUT RI ke 72.

Menurut Wawan masyarakat Indonesia perlu memahami dan menghargai perjuangan jasa pahlawan. "Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham betul perjuangan. Dengan adanya pementasan ini dapat menginspirasi dan meneladeni semangat juang Bung Karno," pungkas Wawan.



Melihat reaksi penonton saat menikmati penampilannya, Wawan cukup puas. Ia yakin penampilan yang disuguhkan tadi dapat menjadi perantara dalam menyampaikan makna atau pesan yang tersirat. "Aku cukup puas, dengan penampilan dan reaksi penonton. Aku yakin pesan yang terkandung dapat tersampaikan," ungkap Wawan.

Sementara itu dalam proses penggarapan, Wawan mempersiapkan ide cerita ini sejak satu tahun lalu. Untuk pemantapan materi Pria yang pernah mendapatkan beasiswa Yayasan Bung Karno ini menghabiskan waktu dua bulan. "Kita udah persiapkan materi ini 1 tahun lalu, 2 bulan pemantapan materi itupun sudah termasuk proses penghapalan naskah selama 2 minggu," katanya lagi.


Reporter: RAS

Editor: Nur Hidayat

Riana Astuti
15-08-2017 08:01