Main Menu

Bacakan Puisi, Budi Karya Ajak Anak Muda Cintai Negeri

Iwan Sutiawan
13-02-2018 11:46

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membacakan puisi di hadapan ratusan mahasiswa di Palembang, Sumatera Selatan. (Dok. Twitter/@BudiKaryaS/FT02)

Palembang, Gatra.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, selain bermusik juga mengaku gemar membaca puisi. Menteri asal Palembang ini pun menunjukkan kebolehannya membacakan puisi di hadapan ratusan mahasiswa di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (12/2).


Dalam kesempatan itu, Budi membacakan sebuah puisi kebangsaan karya Mustofa Bisri berjudul "Aku Masih Sangat Hafal Nyanyian Itu", dibacakan dengan syarat penekanan. Meski terdengar pelan, Budi menyampaikan bait-bait penekanan yang ada pada puisi Gus Mus tersebut.

Budi mengatakan, puisi menjadi media yang baik menyampaikan pesan, terutama bagi para generasi muda. Selain musik, puisi  menjadi media syahdu yang menyentuh perasaan guna mengugah pemahaman terutama kecintaan bagi negeri.

"Sudah dari dulu, suka berpuisi selain musik. Puisi menjadi media yang pas menyampaikan pesan. Puisi media yang tepat," ujarnya.

Apalagi, lanjut Budi, puisi yang dibacakan syarat makna dan ajakan untuk berkehidupan lebih baik, misalnya mencintai negeri, bekarya untuk bangsa dan menjaga toleransi kehidupan beragama.

Dalam puisi itu, Budi juga melantunkan lagu kebangsaaan, Indonesia Pusaka. Menurutnya, puisi yang dibacakan tersebut sudah sering dibacanya sejak dulu. Saat Indonesia membutuhkan energi positif dari generasi muda, maka diperlukan media yang pas dalam penyampaian maksud dan ajakan tersebut, dan puisilah salah satu medianya. "Puisi mengajak semua orang untuk memahami nilai, hal itu penting bagi generasi muda saat ini," katanya.

Budi dengan syair Aku Sangat Hafal Nyanyian itu mengakhiri puisinya dengan mengajak anak muda lebih mencintai negeri. Anak muda sebagai kelompok masyarakat produktif membutuhkan pemahaman yang lebih luas akan permasalahan bangsa.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
13-02-2018 11:46