Main Menu

Sebanyak 50 Perempuan Perupa Komunitas 22 Ibu Gelar Pameran Sang Subjek

Birny Birdieni
21-04-2018 06:55

Pameran bertajuk "Sang Subjek" oleh Komunitas 22 Ibu di Bentara Budaya Bali (BBB). (Dok. Bentara Budaya Bali/FT02 )

Bali, Gatra.com- Menyambut hari Kartini 21 April, Sebanyak 50 perempuan perupa yang tergabung dalam Komunitas 22 Ibu menggelar pameran bersama di Bentara Budaya Bali (BBB). Perhelatan mulai 21 April hingga 30 April 2018 ini bertajuk “Sang Subjek”.

 

Kurator Hardiman mengatakan, perempuan perupa Komunitas 22 Ibu ini merupakan subjek seni rupa. Dalam hal kekaryaan, mereka yang menentukan konsep, genre, serta tema, gaya, dan media.

 

"Penentuan ini adalah salah satu sikap memperlihatkan posisi perempuan Komunitas 22 Ibu sebagai Sang Subjek," ungkap akademisi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja itu dalam rilis yang diterima Gatra.com, Sabtu (21/4).

 

Komunitas 22 Ibu merupakan komunitas para ibu dari lintas institusi, yang mewadahi kesamaan berkarya seni, pameran, penulisan buku tentang seni rupa, workshop dan lain-lain. Mereka berasal dari pendidik seni rupa dari berbagai wilayah di Indonesia, pengusaha, desainer, serta seniman.

 

Dalam apresiasi Hardiman, ini menjadi menarik karena kekuatan karakter para “ibu” yang berkonotasi domestik mampu menampilkan pameran di galeri-galeri yang sangat publik. "Ini semacam gugatan yang dibungkus halus oleh ibu-ibu ini dalam perihal ‘apa yang tampil’ dari ibu-ibu,“ ungkapnya.

 

Ketua pelaksana pameran dari Komunitas 22 Ibu, Nia Kurniasih menjelaskan, tema Sang Subjek sesuai dengan kepribadian komunitas ini. “Walaupun memiliki latar belakang pendidikan, sosial dan ekonomi berbeda, namun satu sama lain mampu mewujudkan karakter sebagai diri menyampaikan keteladan, kepeloporan, atauapapun hal yang positif,“ pungkasnya.

 


Editor: Birny Birdieni

Birny Birdieni
21-04-2018 06:55