Main Menu

Pertama Kalinya, Paduan Suara Anak Indonesia Juara European Grand Prix

Bernadetta Febriana
22-04-2018 16:40

Penampilan The Resonanz Children’s Choir (TRCC).(Dok. The rezonans children's choir/re1)

Jakarta, gatra.com - The Resonanz Children’s Choir (TRCC) pimpinan Avip Priatna dinobatkan sebagai pemenang European Grand Prix for Choral Singing (EGP). Acara tersebut berlangsung  di Maribor, Slovenia pada 21 April 2018 lalu. Ini adalah pertama kalinya paduan suara dari Indonesia memenangkan gelar utama dari kompetisi bergengsi yang telah berlangsung 30 tahun.

European Grand Prix in Choral Singing merupakan acara yang mempertandingkan para juara umum dari enam kompetisi paduan suara paling disegani di Eropa. TRCC sendiri adalah pemenang juara umum 2017 dari kompetisi Tolosa Choral Contest, yang berlangsung di Tolosa, Spanyol pada bulan November yang lalu. 

Pada kompetisi EGP ini, TRCC bersaing dengan para juara umum tahun 2017 dari kompetisi lainnya. Mereka adalah Allmänna Sången dari Swedia (juara umum International Choral Competition Gallus Maribor di Slovenia), Coro Musicanova dari Roma, Italia (juara umum Florilège Vocal de Tours, di Perancis), The Stockholms Musikgymnasium Chamber Choir dari Swedia (juara umum International May Choir Competition di Bulgaria), dan Beijing Philharmonic Choir dari Tiongkok (juara umum Concorso Polifónico Guido d'Arezzo di Italia).

Dengan berkekuatan 44 penyanyi anak anak, TRCC tampil membawakan tujuh buah karya, yaitu ‘Ad Amore’ karya Lee R. Kesselman, ‘Duo Seraphim’ karya Thomas Luis de Victoria, ‘Der Wassermann’ karya Robert Schumann, ‘Salve Regina’ karya komposer Indonesia, Ivan Yohan, ‘Steal Away’ Arr. Gwyneth Walker, ‘137 Hip Street’ karya komposer Indonesia, Fero Aldiansya Stefanus (b.1988), dan lagu tradisional Bali berjudul ‘Janger’ yang diarransemen oleh Agustinus Bambang Jusana.

Menurut Avip, anak-anak anggota TRCC berlatih keras selama 5 bulan untuk tampil maksimal di EGP kali ini. Banyak pula tantangan yang harus dihadapi antara lain masalah jadwal. "Kompetisi final ini berlangsung di masa ujian sekolah, bahkan untuk beberapa anak ada yang harus mengikuti UAN, sehingga mereka nantimikut ujian susulan,"ujar Avip kepada gatra.com.


Editor : Bernadetta Febriana 

Bernadetta Febriana
22-04-2018 16:40