Main Menu

20 Tahun Mice Berkarya, Menunjukan Kelucuan Khas Indonesia

Hidayat Adhiningrat P.
19-07-2018 16:27

Muhammad ‘Mice’ Misrad, kartunis. (GATRA/Rusdi Tjahyadi/RT)

Jakarta, GATRA.com - Pameran Indonesia Senyum – 20 tahun Mice Berkarya, akan diadakan mulai dari 21 Juli – 4 Agustus 2018 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Pameran ini mengajak penonton untuk menikmati karya Muhammad ‘Mice’ Misrad, kartunis yang memotret keragaman Indonesia dalam strategi artistiknya yang menghibur. 

 Diselenggarakan oleh Octopus Garden, pameran ini merayakan pencapaian Mice yang telah berkarya selama 20 tahun dan konsisten membicarakan isu urban, politik, dan gaya hidup. Mulai dari karya pada masa awal karir, karya yang banyak dikenal publik, hingga karya teranyar Mice ditampilkan di pameran ini. Dengan bantuan media digital, karya Mice juga akan ditampilkan dalam format yang mutakhir. 

 “Indonesia Senyum mengingatkan kita untuk tersenyum di tengah hiruk-pikuk dan kemelut kehidupan warga Indonesia saat ini,” seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Gatra.com (19/7/2018). 

 Melalui komik, kartun profil, arsip, game, dan animasi, pameran ini menawarkan kelucuan khas Indonesia yang tidak banyak dijumpai di media lain. Lokakarya kartun, peluncuran buku, dan tur pameran bersama kurator akan melengkapi pameran ini.

 Karya-karya yang dipamerkan mencakup lima kategori yaitu kartun politik, kartun keseharian urban, kartun yang membicarakan gadget, kartun aneka profil, dan kartun dalam media digital. Kartun Politik yang rutin dibuat Mice sejak krisis ekonomi 1997 dan reformasi yang menyusul setelahnya. 

 Melalui karakter Rony, Mice menampilkan perspektif masyarakat akar rumput dalam melihat isu politik dan perilaku para politisi yang bermacam-macam. Karakter Mice sebagai kartun lebih banyak menampilkan dirinya dalam keseharian urban. 

 Lugu, sok tahu, dan norak, merupakan sifat Mice yang membuat kita tersenyum melihat tingkahnya di dalam panel-panel kartun yang merespon perilaku warga urban. Kartun yang membicarakan gadget tidak lepas dari gaya hidup yang disoroti Mice. Bermacam perangai orang terkait gadget dan segala problemanya mengundang kita untuk bercermin dan menertawakan diri sendiri.

 Salah satu kreasi Mice yang tidak pernah gagal membuat orang setidaknya tersenyum adalah kartun yang menggambarkan gaya dandan, profesi, dan profil unik orang Indonesia dengan pembedahan stereotipe khas Mice. Merespon tuntutan media digital saat ini, kartun Mice juga akan ditampilkan dalam media digital seperti platform komik online, games maupun animasi.


 


Reporter: Hidayat Adhiningrat P

 Editor: Rosyid

 

Hidayat Adhiningrat P.
19-07-2018 16:27