Main Menu

Meski Tak Muda Lagi, Perempuan-perempuan Ini Terus Berkarya

Hendri Firzani
23-07-2018 11:13

Saparinah Sadli (deskgram.org/yus4)

Sa

Jakarta, Gatra.com - Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Saparinah Sadli menggugah perempuan di segala usia untuk terus belajar dan berkarya. Termasuk yang lanjut usia sekali pun. Pesan ini disampaikan Saparinah Sadli, 91 tahun dalam pembukaan Pameran Seni Rupa dan Foto "Harapan" di Balai Budaya, Jakarta Pusat. 

Dalam rilis yang diterima Gatra.com, snein, (23/7), dijelaskan bahwa pameran tersebut diisi karya-karya dari 17 perempuan (K17) yang sudah tidak muda lagi tapi berhasil menampilkan semangat, kepedulian,dan eksperimen material keramik, kain batik serta foto-foto dengan impresi yang kuat tentang kehidupan.

Saparinah mengagumi karya-karya seni,yang meski pun tidak bisa dipahami seluruhnya, tapi bisa dinikmati keindahan dan pesan-pesannya.

Salah satu peserta, Soraya dari keluarga disainer perhiasan Spiro, secara unik memotong keramik2 dinasti Ching dan Ming menjadi motif helai daun dan menghasilkan lukisan Kembang Teratai.

Ia tergerak memanfatkan keramik sepulang dari Jepara. Di sana, ia prihatin melihat beberapa remaja menghancurkan keramik bersejarah untuk bahan benang gelasan.

Aktivis kemanusiaan Hediana Utari melebur batik, perangko, beras, cat minyak dalam medium kolase untuk "meneriakkan" kebebasan.

Ketua Ikatan Pelukis Wanita Indonesia,Emma Sartika juga ikut serta memajang "Bunga Kana" dalam pameran yang berlangsung sampai tanggal 29 Juli 2018.


 

Editor: Hendri

Hendri Firzani
23-07-2018 11:13