Main Menu

Hubungan Indonesia-Spanyol Ditandai Konser Vinculos for Indonesia 2018 di TIM

Arif Prasetyo
18-08-2018 17:06

Hubungan Indonesia Spanyol ditandai konser musik orkresta. (GATRA/Arief Prasetyo/RT)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com –Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menginisasi kegiatan konser musik Orquesta de Camara de Siero (Ocas) atau Siero Chamber Orchestra dari Spanyol. Mereka akan menggelar konser penutup Vinculos for Indonesia 2018 di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Senin (20/8).

Ini merupakan inisiatif kerjasama internasional antara Spanyol (khususnya Asturias) dan Indonesia yang mendukung integrasi sosial dan budaya melalui musik.

Vinculos merupakan bagian dari komitmen Kemendikbud untuk mempererat kerjasama kebudayaan antara Indonesia-Spanyol. Pelaksanaan ini dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid mengatakan, konser Vinculos untuk Indonesia 2018 merupakan tahun kedua kejasama dengan Orkresta Ocas. Kegiatan ini dimuai dengan obrolan yang memperkenalkan Ocas kepada kementerian, visinya tidak sekadar tentang musik tapi sebuah kegiatan kemanusian, kebudayaan yang dilakukan dalam bahasa musik untuk perdamaiam.

“Kegiatan Vinculos untuk Indonesia 2018 bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol diakhiri di Jakarta dengan sebuah persembahan istimewa bersama Riau Rhythm Chambers,” ujar Hilmar di Jakarta, Sabtu (18/8).

Sebelum melakukan konser pamungkas di TIM, mereka telah menggelar konser di Ambon lalu bertolak ke Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi dan Kota Palu, di Sulawesi Tengah, serta Kota Pekanbaru di Riau. Mereka melakukan kolaborasi dengan musisi lokal di masing-masing daerah tersebut.

Di Pekanbaru, Ocas berkolaborasi dengan Riau Rhythm Chamber Indonesia kerjasama Kemendibud serta Dinas Kebudayaan Provinsi Riau dengan menampilkan berbagai musik yang telah diaransemen.

Sementarau, Staf Koordinator Bidang Kebudayaan, Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia Beatriz Chivite menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang mereka terima.

“Lawatan kelompok orkestra Ocas dalam konser Vinculos untuk Indonesia merupakan cerminan hubungan kedua negara yang semakin harmonis dan kuat. Walaupun kedua negara memiliki bahasa yang begitu berbeda, bahasa musik sekali lagi terbukti mampu mengatasi halangan yang ada untuk mempererat hubungan,” ujar Beatriz.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
18-08-2018 17:06