Main Menu

Hening Gendhing Jawa Mengalun di Tengah Sawah Kampung Kitiran

Hidayat Adhiningrat P.
06-09-2018 18:46

Kampung Kitiran Desa Pagak Kecamatan Purwareja Klampok, Banjarnegara. (GATRA/Dimas/RT)

Banjarnegara, Gatra.com – Masyarakat di Kampung Kitiran Desa Pagak Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara bakal menggelar “Hening Gendhing Tengah Sawah”, sebuah prosesi budaya pada malam 1 Suro atau tahun baru kalender Jawa, 10 September 2018 mendatang.

 

Pengelola Wisata Desa Pagak, Pradikta Dimas mengatakan Gendhing Tengah Sawah adalah prosesi peringatan tahun baru sebagai wujud rasa syukur masyarakat Desa Pagak kepada Tuhan YME, atas berkah yang melimpah tahun ini.

Sebagaimana daerah agraris lainnya, Desa Pagak adalah penghasil berbagai komoditas penting pertanian seperti, padi, sayur mayur, hasil kebun, peternakan dan perikanan. Kebetulan, Desa Pagak dan beberapa daerah lainnya baru saja panen raya padi dengan hasil melimpah.

“Acaranya sih memperingati 1 Suro. Ini kan habis panen, ya syukuran lah. Kalau acaranya malam, mulai Ba’da Isya. Jadi tempat yang dijadikan lokasi yang buat acara ini dipadamkan, pakai obor semua,” katanya, saat dihubungi Gatra.com, Kamis (5/9).

Menurut dia, gelar prosesi budaya di malam 1 suro ini juga merupakan upaya melestarikan kesenian lokal. Di Desa Pagak, kata dia, ada peralatan musik yang sempat punah, namun kembali dilestarikan. Namanya, Gumbeng. Sebuah alat musik yang terbuat dari bambu.

Rangkaian gelaran hening gendhing tengah sawah ini dimulai dengan ziarah dan bersih makam sesepuh desa, sesuci dan kirab pusaka desa, Golong, doa bersama, Gluntang Kentong. Puncaknya adalah gendingan di tengah sawah Rawa Lutung, Desa Wisata Pagak.

“Nanti di situ disediakan Gendhing, nanti gendhingnya dengan sistem parade, nanti gonta-ganti, dari satu grup ke ke grup lainnya. Terus ada tari-tarian juga. Terus diiringi doa,” tambahnya.

Dimas mengemukakan, peserta Gendhingan tak hanya berasal dari Desa Pagak. Panitia juga mengundang desa-desa di sekitar Pagak bahkan bisa saja sampai kabupaten tetangga seperti Purbalingga dan Banyumas.

Desa Pagak, kata dia, memang mudah dijangkau oleh dua kabupaten tetangga ini lantaran berada di ujung barat Banjarnegara.

“Tidak menutup kemungkinan dari kabupaten lainnya pun bergabung,” jelas dia.

Prosesi Hening Gendhing Tengah Sawah ini baru pertama kali digelar di desa pagak. Namun, sebelumnya, prosesi budaya lain pada peringatan tahun baru Jawa memang sudah rutin dilakukan dengan prosesi budaya lainnya.

Desa Wisata Pagak juga pernah menggelar berbagai even yang jarang ditemui di tempat lainnya. Beberapa di antaranya sudah sangat langka. Beberapa even yang sudah pernah digelar di desa ini antara lain lomba Inter-inter dan napeni beras (membersihkan beras dengan tampah), Tour Sepeda Tua, festival layang layang, dan Lomba volly lumpur.


Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Hidayat Adhiningrat P

Hidayat Adhiningrat P.
06-09-2018 18:46