Main Menu

DPD RI Terima Presiden Senat Republik Ceko Bahas Penguatan Investasi

Fatma
20-09-2018 11:27

 

Jakarta, Gatra.com - Pimpinan DPD RI menerima kunjungan Kehormatan Presiden Senat Republik Ceko HE. Milan Stech beserta rombongan delegasi. Di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta. Senin, 17 September 2018.

Rombongan Delegasi Republik Ceko diterima Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dan Darmayanti Lubis. Rombongan terdiri dari Presiden Senat Republik Ceko Milan Stech beserta 6 Senator dan para Akademisi serta pengusaha Ceko berjumlah 19.

Selain membahas peningkatan potensi kerjasama antara Indonesia-Republik Ceko, diharapkan pertemuan tersebut mampu meningkatkan hubungan kedua bangsa dengan menciptakan iklim kerjasama kedua negara dalam bidang parlemen, ekonomi, pariwisata, politik, sosial, budaya juga melihat peluang optimalisasi kerjasama.

Sejak dahulu kita punya rekam jejak hubungan baik antara kedua Negara. Kita harapkan tercipta peluang-peluang kerjasama yang baik dan terus meningkat antara kita. Terlebih lagi DPD RI yang berorientasi daerah akan sangat mendukung apabila Republik Ceko mampu meningkatkan peluang investasi terutama di daerah, ucap Nono Sampono.

Republik Ceko mempunyai kesamaan dalam hal legslatif dengan Indonesia, yaitu sama-sama mempunyai dua kamar seperti DPR dan DPD. Hal ini lebih memudahkan dalam memahami karakteristik dalam bekerjasama anatara kedua negara di bidang legislasi.

Kedatangan kami selain untuk mempererat hubungan juga meningkatkan peluang usaha dan investasi di Indonesia terutama di bidang Infrastruktur, energi, dan pendidikan. Selain itu, kami juga memperkuat hubungan bidang parlemen karena mempunyai karakter yang sama. Kami juga menganut sistem dua kamar seperti DPR dan DPD dimana Senat di tempat kami juga erat hubungannya dengan kepentingan daerah, ungkap Milan Stech.

Pada kesempatan itu, Senator Maluku Nono Sampono menceritakan bahwa peluang investasi dan potensi ekonomi di Indonesia cukup besar. Nono Sampono meminta para pengusaha Republik Ceko yang dibawa ke Indonesia untuk ke daerah-daerah dan mencari langsung peluang investasi di Indonesia.

Indonesia sangat luas dan daerah-daerah mempunyai potensi dan kharakteristik yang beraneka ragam. Menurut saya sangat baik jika para pengusasa dari Ceko keliling di Indonesia untuk melihat potensi dan peluang usaha yang ada karena macam-macam keunggulannya banyak sekali, sehingga daerah dapat membuka diri terhadap peluang investasi dari luar, lanjutnya.

Menutup pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas tentang isu lingkungan hidup. Isu lingkungan hidup sudah menjadi isu dunia, sehingga setiap bangsa di dunia ini wajib menjaga kelestarian lingkungan dan bijak dalam menggunakan sumber daya alam agar keberlangusngan nya dapat tetap dinikmati oleh generasi penerus.

Sebelum ini kami di forum Uni Eropa sudah membahas tentang pentingnya isu lingkungan hidup. Kami sangat menaruh perhatian dalam hal ini, contoh kecilnya seperti meminimalisir penggunaan plastik yang tidak ramah lingkungan, pungkas Milan. Turut Hadir Ketua Komite I Benny Rhamdani, Anggota DPD RI Abdurachman Lahabato (Senator Maluku Utara) dan Emma Yohanna (Senator Sumatera Barat).

Fatma
20-09-2018 11:27