Main Menu

Harga Bawang Putih Meroket, Politisi PDIP Minta Pemerintah Cepat Bertindak

Wem Fernandez
26-05-2017 14:53

 

Jakarta, GATRAnews - Harga bawang putih di sejumlah daerah di Indonesia mulai merangkak naik. Di Pasar Ciputat, Jakarta Selatan misalnya, harga bawang putih menembus angka Rp 50 ribu/Kg. Harga yang sama juga berlaku di Pasar Anom Baru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, setelah sepekan sebelumnya berada di kisaran harga Rp 46 ribu/Kg.


Menanggapi hal itu, anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Darmadi Durianto, meminta pemerintah untuk segera mengambil langkah konkret menekan lonjakan harga bawang putih tersebut.
 
"Tugas pemerintah menyediakan pasokan yang cukup. Dari dulu selalu masalah bawang putih ini," tegas Darmadi saat dihubungi wartawan, Jumat (26/5).
 
Dia mensinyalir, meroketnya harga bawang putih lantaran pemerintah yang tidak peka melihat persoalan ini. Dari tahun ke tahun jelang Ramadhan, harga bawang putih selalu naik. Melalui menteri perdagangan, pemerintah harus mempelajari pembangunan nasional semesta berencana untuk diterapkan di dalam kebijakan perdagangan.
 
Selain konsep pembangunan, pengawasan juga menjadi faktor penting dalam menekan lonjakan harga. Tidak hanya bawang putih tetapi harga kebutuhan barang lain yang diprediksi bakal naik juga.
 
"Pengawasan terhadap kebijakan import terutama dalam memperhatikan kebutuhan dan pasokan pangan. Intinya kita minta Pak Menteri Perdagangan mulai mempelajari Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PNSB) sebagai implementasi dari trisakti Bung Karno," kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.


Reporter: Wem Fernandez 
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
26-05-2017 14:53