Main Menu

Menkeu : Pembangunan Infrastruktur Perbaiki Kualitas Ekspor

Abdul Rozak
13-03-2018 16:43

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (GATRA/Abdurachman/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah optimis bisa memperbaiki nilai kompetensi produk eskpor di Indonesia. Antara lain dengan cara menjamin keberlangsungan usaha dengan pembangunan infrastruktur dan keamanan.

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pembangunan infrastruktur dan keamanan menjadi fokus pemerintah. Kedua faktor ini mempengaruhi kualitas produk eskpor tanah air.

"Eksportir enggak suka diganggu dengan jalan rusak dan buruh demo. Maka dari itu ekspor kita tidak kompetitif. Hal seperti ini lah yang akan menjadi fokus kita," kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (13/3).

Selain memperbaiki kualitas ekspor, pemerintah fokus mendorong pertumbuhan ekonomi pada konsumsi, belanja APBN dan investasi. Dengan seperti ini, Menkeu yakin pertumbuhan ekonomi tumbuh sampai dengan 7%.

"Untuk itu, empat faktor tadi ; konsumsi, investasi, ekspor dan pengelolaan APBN harus ditingkatkan. Kemudian menjaga laju inflasi dan penyederhanakan birokrasi," kata mantan Managing Director World Bank tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) Armand Hermawan mengatakan pembangunan infrastruktur berkelanjutan mendukung pertumbuhan aktivitas rantai ekspor. Dan infrastruktur menjadi tulang punggung memudahkan alur barang, alur jasa dan alur informasi.

"Mewujudkan pertumbuhan ekspor, diperlukan banyak fasilitas pendukung, termasuk infrastruktur pendukung produksi dan distribusi. Dengan infrastruktur yang lebih baik, maka proses ekspor meliputi alur barang, jasa dan juga informasi tentunya menjadi lebih lancar" kata Armand.


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Abdul Rozak
13-03-2018 16:43