Main Menu

Pertemuan Tahunan IMF, Dongkrak Ekonomi Masyarakat Bali, Lombok dan Banyuwangi

Aulia Putri Pandamsari
13-03-2018 19:35

Luhut Binsar Panjaitan.(GATRA/Abdurachman/re1)

Jakarta, Gatra.com - Ketua Panitia Nasional penyelenggara meeting International Monetary Fund (Dana Moneter Internasional/IMF) 2018 Luhut Binsar Panjaitan, menyatakan pihaknya siap dalam melaksanakan pertemuan internasional tersebut.


“Tidak ada kendala. Menyangkut hotel, evakuasi, keamanan, alternative pendaratan kalau ada letusan Gunung Agung,tsunami, TNI dan Polri juga sudah mengerahkan 12.000 personelnya untuk pengamanan, sudah disiapkan semua. Komunikasi terakhir, tidak ada isu yang menghambat,” ujar Luhut dalam konferensi pers Panitia Nasional penyelenggara annual meeting IMF di Gedung Kementerian Keuangan, Selasa (13/3).

 

Lebih lanjut, Luhut mengatakan bahwa anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk pertemuan tersebut akan berdampak positif pada Indonesia. Dari studi yang Ia buat, setengah dari pengeluaran pemerintah yang sebesar Rp 800 milyar akan kembali ke kas negara. Hal ini dengan memperhitungkan dana yang akan dikeluarkan oleh para tamu saat pertemuan berlangsung.

 

“Karena misalnya untuk pembayaran hotel mereka akan membayar sendiri, selain itu pembelian 400 buah komputer setelah acara akan dibagikan ke rakyat di kabupaten Banyuwangi, Bali, dan Lombok. Jadi basically akan kembali ke rakyat,” ucap Luhut yang menjabat sebagai Menko Maritim.

 

Senada dengan Luhut, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan dengan hadirnya peserta IMF akan mendorong belanja di Bali. “Mereka yang datang ini bukan backpacker, kalau makan saja bisa di Nusa Dua,” kata Rudiantara.

 

Untuk jangka pendek hal ini akan berdampak langsung ke masyarakat di Bali, Lombok, atau Banyuwangi. “ Namun, jangka panjangnya peserta juga ditawarkan sekitar 60 tujuan wisata di tiga kabupaten tersebut, belum lagi nanti ada deklarasi Indonesia sebagai milestone transformasi keuangan di dunia,” tambahnya.


 

Reporter: APP

Editor : Gandhi Achmad

Aulia Putri Pandamsari
13-03-2018 19:35