Main Menu

Registrasi Kartu Prabayar Dukung Ekonomi Digital

Abdul Rozak
15-03-2018 03:01

Diskusi FMB 9 'Registrasi Data Kartu Telepon (GATRA/Abdul Rozak/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Ekonomi digital Indonesia dipastikan bakal terdampak atas kebijakan registrasi kartu seluler prabayar. Kebijakan tersebut diklaim akan membuat ekonomi digital di tanah air semakin baik.

 

"Program registrasi ini jadi bagian dari pendukung kenyamanan, keamanan dari ekonomi digital ke depan," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ahmad M. Ramli di Jakarta, Rabu (14/3).

 Ahmad Ramli menambahkan fungsi telepon seluler yang memakai simcard telah berubah. Dari sekadar menerima panggilan dan SMS tapi juga menjadi alat transaksi keuangan online. Oleh karena itu, diperlukan akurasi data pengguna telepon selular karena berkaitan dengan keuangan dan perbankan. Salah satunya dengan registrasi melalui NIK dan KK.

 

"Dulu HP (handphone) cuma untuk komunikasi, tapi kini justru bertransaksi keuangan, perbankan, belanja online, maka perlu akurasi data pemiliknya sangat penting," lanjutnya. 

 

 Ramli mengimbau masyarakat jangan takut melakukan registrasi kartu seluler prabayar menggunakan NIK dan KK. Ia memastikan seluruh data kependudukan yang digunakan dalam proses registrasi dijamin keamanannya. "Kalau kita percaya pada kebenaran, tidak berniat jelek, kenapa kita mesti takut identitas kita terdaftar dengan benar di nomor kita," tandas Ramli.


Reporter: Abdul Rozak 

Editor: Hendri Firzani 

Abdul Rozak
15-03-2018 03:01