Main Menu

Mentan Janji Harga Sembako Stabil Jelang Ramadan

Ervan
02-04-2018 17:32

Pedagang sembako di pasar tradisional (GATRA/Agriana Ali/yus4)

Jakarta, Gatra.com- Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjamin harga sembako stabil menjelang dan saat puasa Ramadan. Amran menegaskan telah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait harga sembako.


"Untuk menstabilkan harga menghadapi bulan suci Ramadan dan Idul Fitri, kami laporkan sudah bertemu asosiasi daging, ayam, telur, beras, seluruh pangan strategis dan kita sepakat bahkan Pak Wakil Gubernur DKI juga ikut, sudah bertandatangan menjaga harga tetap stabil," kata Amran di Istana Negara, Senin (2/3).

Menurut Amran, langkah-langkah telah dilakukan agar harga sembako tetap stabil, antara lain mendorong rantai pasok dari daerah, kemudian khusus untuk bawang putih impor sudah dipersiapkan dari sekarang termasuk bawang merah dan juga daging disiapkan sejak saat ini.

"Stok itu kita harus mempersiapkan dan naik dari total kebutuhan 30-40%, untuk mengantisipasi gejolak harga. Kita bekerja dari awal," katanya.

Amran mengatakan sejumlah komoditas seperti jagung dan telur dijamin tak akan naik karena telah mencukupi kebutuhan dalam negeri bahkan bisa diekspor.

"Tidak ada alasan lagi ayam harganya naik, telur harganya naik, bawang merah harganya naik, cabai cukup. Nah, kita sudah ekspor, dulu kita impor, sekarang sudah ekspor. Jadi tidak ada alasan lagi harganya naik. Jagung ekspor, coba dong sekali-kali tanya kapan lagi kita ekspor. Itu menarik kan," ucapnya.

Reporter: Ervan Bayu

Editor: Anthony Djafar 

 

Ervan
02-04-2018 17:32