Main Menu

Ini Kenapa Lokasi Menjadi Poin Penting dalam Investasi Properti?

Birny Birdieni
16-04-2018 13:35

CEO Crown Group, Iwan Sunito. (Dok. Crown Group/FT02)

Jakarta, Gatra.com- Chief Executive Officer Crown Group, perusahaan pengembang properti berbasis di Sydney, Australia mengatakan bahwa lokasi merupakan hal penting pertama sebagai alasan berinvestasi dalam perumahan. Poin lainnya adalah reputasi serta desain bangunan.

“Mengapa faktor lokasi menjadi utama karena ini akan menjadi hal yang sangat menentukan dalam tinggi rendahnya keuntungan investasi kita di masa mendatang,” ungkap pria asal Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah itu dalam rilisnya kepada Gatra.com.

Tips pemilihan properti yang disarankan Iwan adalah memilih daerah yang akan dan sedang berkembang. Sebab akan lebih menguntungkan dengan harga beli awal rendah daripada daerah yang telah jadi menjadi sebuah kawasan.

“Kawasan pinggiran akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan kawasan CBD, karena peningkatan harga akan lebih terukur,” ungkap Iwan.

Kondisi yang harus jadi pertimbangan adalah meilhat demografi lokasi. Kemudian kondisi pasar fasilitas umum hingga pertumbuhan harga serta daya sewa dari daerah tersebut.

Iwan pun menggambarkan ilustrasi akan kawasan Eastlakes yang akan menjadi proyek selanjutnya Crown Group. Berlokasi di kawasan sububrb timur, yakni 6 km dari CBD Sydney, serta Banda udara domestik dan pantai Coongee.

Secara demografis Eastlake menarik karena 46% total populasi masuk usia produktif, yakni 20 hingga 34 tahun. Memiliki tingkat pouplasi sewa hingga 47% dibandingkan sewa rata-rata di New South Wales berkisar 28%.

Penting juga bagi calon investor mencari informasi mengenai lokasi sebanyak mungkin. "Dengan begitu semakin akurat pula kalkulasi dalam pengambilan keputusan," kata Iwan.

Lalu kapan sebaiknya anda berinvestasi. Menurutnya sekarang adalah jawaban seharusnya. Kemudian kapan waktu terbaik untuk berinvestasi? "Jawabannya adalah sepuluh tahun lalu," tutup Iwan.

 


Editor : Birny Birdieni 

Birny Birdieni
16-04-2018 13:35