Main Menu

Jembatan Ambruk Akibat Beban Truk, Pengusaha Minta Petugas Razia Truk Sejak di Gudang

Rosyid
21-04-2018 15:09

Ilustrasi Angkutan Truk bermuatan lebih atau overtonase. (GATRA/Abdurachman/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia ( APTRINDO ) Jawa Tengah Bambang Widjanarko mengusulkan agar penindakan terhadap truk-truk bermuatan berlebihan tidak hanya dilakukan di jalan atau tempat-tempat tertentu. Tapi, harus dimulai dengan operasi tangkap tangan ( OTT ) di pergudangan sejak truk-truk tersebut dimuati dengan berbagi jenis komoditas.


“Sebarkan petugas-petugas di semua kawasan pergudangan dan lakukan penyisiran terhadap aksi muat barang. Lakukan penimbangan dengan portable scale terhadap truk-truk yang dicurigai dan jika memang ditemukan muatan berlebih, langsung ditanyakan siapa pemilik barang tersebut, lalu dilakukan pembinaan atau peringatan terhadap pemilik barang,” katanya menyikapi ambruknya jembatan Widang, Tuban yang diduga karena beban truk yang berlebihan,  Sabtu (21/4).


Menurut Bambang, tidak ada gunanya menangkapi truk-truk yang over tonase di jalanan, jika pemilik barang tidak diberi tahu. Karena jika ada salah satu perusahaan angkutan menolak memuat seberat yang diinginkan pemilik barang, toh masih tetap ada perusahaan angkutan lain yang mau. Terutama perusahaan-perusahaan truk perorangan.


Pemberlakuan pembatasan beban angkutan juga akan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah truk yang beroperasi, dan kebutuhan kantong parkir truk.


Seperti diberitakan sebelumnya jembatan Widang-Babat, yang menghubungkan Kabupaten Lamongan dan Tuban, Jawa Timur, ambruk pada Selasa, 17 April 2018, sekitar pukul 10.30. Jembatan yang melintang di atas Sungai Bengawan Solo di Desa Ngadipuro, Widang, Tuban, dan Babat, Kabupaten Lamongan, itu menjadi urat nadi lalu lintas di kawasan utara Jawa Timur-Jawa Tengah.


Dugaan sementara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ambrolnya Jembatan Widang di Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, karena kelebihan beban.  


Editor: Rosyid

Rosyid
21-04-2018 15:09