Main Menu

Melemah Di Awal Pekan, IHSG Siap menguat Hari Ini?

didi
24-04-2018 07:19

Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (GATRA/Ardi Widi Yansah/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia pada perdagangan hari ini, Selasa (24/4) diperkirakan akan melanjutkan proses pelemahan, setelah di awal pekan gagal berbalik arah menuju zona hijau. Namun, ada pula analis yang berpandangan sebaliknya. IHSG diprediksi menguat.  

 

Analis Bina Artha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta mengatakan, pergerakan IHSG masih sulit keluar dari zona merah. Berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama dan berada pada level 6.292 dan 6.276.

"Sedangkan, resisten pertama dan kedua berada pada level 6.329 dan 6.351. Berdasarkan indikator harian, MACD membentuk pola golden cross di area negatif," kata Nafan.

Sementara itu, jelas Nafan, indikator stochastic dan RSI sudah meninggalkan area overbought (jenuh beli). "Terlihat pola downward bar yang mengindikasikan ada potensi pelemahan lanjutan pada pergerakan IHSG," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, pada perdagangan hari ini IHSG akan menuju ke area support pada kisaran 6.293-6.277.

Sementara itu analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya justru berpandangan sebaliknya, pergerakan konsolidasi wajar pada laju IHSG di perdagangan hari ini berpeluang untuk berbalik arah menguat, meski kemarin bergerak di teritori negatif dengan pelemahan tipis sebesar 0,47%.

"Saat ini IHSG terlihat masih terus berada dalam rentang konsolidasi wajar dengan potensi akan kembali menguat," kata William.

William mengatakan, peluang pembalikan arah menguat itu tercermin dari laju IHSG yang masih mampu mempertahankan support, setelah kemarin ditutup melemah ke level 6.308. "Support level IHSG masih cukup kuat dipertahankan," tegasnya.

Sehingga, menurut dia, kondisi tersebut menunjukkan bahwa potensi penguatan jangka panjaang akan berlanjut hingga IHSG dapat kembali membentuk level resisten yang baru.

Lebih lanjut dia menyebutkan, saat ini IHSG memiliki support terdekat yang akan berupaya dipertahankan pada level 6.171, sedangkan target resisten terdekat yang berusaha ditembus ada pada posisi 6.389. "Hari ini iHSG berpotensi menguat," ucap William.



Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Hendri Firzani 

didi
24-04-2018 07:19