Main Menu

Ini Dia Daftar Lengkap Pengurus Komite Bilateral India Kadin Indonesia

Flora Librayanti BR K
18-05-2018 19:12

Ilustrasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). (Dok. GATRA/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Kamar Dagang (Kadin) Indonesia bersama dengan Kedutaan Besar Republik India di Jakarta bentuk Komite Bilateral India. Pembentukan ini terkait dengan rencana kunjungan PM India Narendra Modi ke Indonesia yang diperkirakan berlangsung pada akhir Juni 2018. Pada kesempatan tersebut juga sekaligus akan diselenggarakan CEO forum kedua, dihadiri para pengusaha dari Indonesia dan India.

 

“Masih banyak potensi kerjasama ekonomi yang bisa dimaksimalkan, karenanya pembentukan Komite Bilateral India ini diharapkan mampu mengidentifikasi potensi ataupun hambatan yang ada,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani di Jakarta (18/5/2018).

Kadin telah menetapkan susunan anggota Komite Bilateral India Kadin Indonesia, diantaranya :
1. Ketua Komite India Kadin Indonesia, Satish Mahtani (Dua Surya Dinamika)
2. Iwan Lukminto (Sritex)
3. Adrian Lembong (Adaro)
4. Derice Sumantri (Progress Group)
5. Sigit Muhartono (Garuda Indonesia)
6. Irawati Setiady (Kalbe Farma)
7. Johan Mulyawan (Mayora)
8. Fakir Chand (Indo Setu Bara Resources)

Indonesia sendiri merupakan mitra dagang terbesar India di ASEAN. India merupakan pembeli minyak sawit Indonesia terbesar termasuk salah satu tujuan utama untuk ekspor batu bara. Untuk investasi, India mencatatkan kenaikan yang sangat signifikan pada 2017, yaitu naik lebih dari lima kali lipat dibanding tahun sebelumnya dari US$55 juta menjadi US$286,6 juta.

“Oleh karena itu menjadi penting bagi pengusaha Indonesia untuk mampu meningkatkan hubungan ekonomi yang lebih baik dengan pengusaha India,” sebut Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani.

Berdasarkan data BPS, neraca perdagangan Indonesia-India pada 2016 sebesar US$12,9 miliar dengan total ekspor US$10,2 miliar dan impor US$2,1 miliar. Pada 2017 (YoY), neraca perdagangan Indonesia- India mengalami kenaikan sekitar 28,7 %, dengan total ekspor US$14,08 miliar dan impor US$4,05 miliar. Neraca perdagangan Indonesia dan India per Januari sampai dengan Maret, mengalami penurunan sekitar 3,06% yakni US$4,46 miliar pada 2017 menjadi US$4,33 miliar pada 2018.

Komite Bilateral Kadin Indonesia sendiri bertujuan untuk merintis, membuka, dan mengembangkan hubungan kerjasama ekonomi dan perdagangan internasional secara bilateral antara Indonesia dengan masing-masing negara di dunia. Saat ini Kadin Indonesia sudah memiliki lebih dari 30 Komite Bilateral yang menangani hubungan pengusaha Indonesia dengan pengusaha-pengusaha dari negara mitra.


 

Editor : Flora L.Y. Barus

Flora Librayanti BR K
18-05-2018 19:12