Main Menu

Tunaiku Targetkan Salurkan Pembiayaan Rp 1 Trilyun

didi
06-06-2018 07:55

Aplikasi berbasis fintech Tunaiku (Dok. Tunaiku/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Tunaiku yang merupakan divisi financial technology (Fintech) milik Amar Bank pada tahun ini menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 1 trilyun. CEO Tunaiku, Vishal Tulsian mengatakan bahwa hingga Mei penyaluran pembiayaan Tunaiku sudah sekitar 35% hingga 40%.

“Target dalam satu tahun ini Rp 1 trilyun. Penyaluran pembiayaan dari 2014 hingga sekarang Rp 700 milyar,” ujarnya, di Jakarta, Selasa (5/6).

Vishal mengatakan, untuk merealisasikan target tersebut pihaknya bakal meluncurkan satu produk yang diperuntukan bagi para pengusaha dengan nama Tunaiku For Business. Produk itu menurutnya dalam masa percobaan dan dalam waktu dekat akan segera diluncurkan ke pasar.

Hal tersebut didasari dari kontribusi dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap gross domestic product (GDP) Indonesia masih berada di kisaran 50% sehingga pasarnya masih sangat besar sekali.

“Penjualan kaki lima, warung kecil itu kan mereka butuh pinjaman yang kecil sekitar Rp 25 juta tapi tidak ada collateral (agunan). Jadi kami sediakan untuk mereka pinjaman. Kami akan launching dalam waktu dekat Tunaiku For Business, kemungkinan Oktober,” ungkapnya.

Nantinya, bunga yang akan dipatok untuk produk Tunaiku For Business akan sebesar 3% per bulan atau 36% per tahun dengan tenor hingga 36 bulan. “Kami akan start di 15 bulan tapi akan sampai 36 bulan. Bunganya 3% per bulan sama dengan credit card,” jelasnya.



Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Rosyid

didi
06-06-2018 07:55