Main Menu

Minggu Pertama Ramadhan, Belanja Iklan Layanan Online Tembus Rp223 Milyar

Birny Birdieni
06-06-2018 20:49

Ilustrasi.(Shutterstock/re1)

Jakarta, Gatra.com- Data Nielsen Advertising Intellegence (Ad Intel) menunjukkan, belanja iklan Layanan Online pada jeda iklan (Commercial Break) naik 76%menjadi Rp223 milyar selama minggu pertama Ramadhan dibandingkan periode sebelumnya.

Kategori lain yang juga mengalami peningkatan adalah Jus dan Sirup dengan total belanja iklan Rp101 milyar, atau meningkat sebesar 447%. Sedangkan Minuman Siap Minum tumbuh 110% menjadi Rp70 milyar.

“Kategori-kategori yang mengalami peningkatan tersebut adalah yang memang berhubungan dengan kebiasaan di bulan Ramadhan atau Lebaran,” ungkap Executive Director Media Business, Nielsen Indonesia, Hellen Katherina dalam rilisnya kepada Gatra.com, Rabu (6/6).

Perubahan pola konsumsi dan perilaku dari konsumen selama bulan Ramadhan 2018 membuat para pengiklan dari kategori produk tertentu menangkap peluang tersebut dengan meningkatkan aktivitas beriklannya di media. "Sebagai respon dari pengiklan untuk memanfaatkan peluang yang tercipta di market," tutur Hellen.

Bahkan beberapa kategori produk, seperti sirup atau sarung hanya fokus beriklan menjelang bulan Ramadhan hingga Lebaran sepanjang tahunnya. Saat Ramadhan, kecenderungan nya jumlah penonton TV selalu meningkat.

Riset Nielsen Advertising Intellegence (Ad Intel) di 11 kota besar menyebut jumlahnya meningkat dari rata-rata 5,9 juta per hari menjadi 7 juta per hari. Dimana dominasi peningkatan jumlah penonton ada di waktu sahur.

Konsumsi media TV meningkat seiring dengan meningkatnya durasi menonton, yang biasanya rata-rata menonton TV hanya 4 jam 53 menit, di bulan Ramadhan meningkat menjadi 5 jam 19 menit.


Editor : Birny Birdieni

 

Birny Birdieni
06-06-2018 20:49