Main Menu

Pengumpulan Zakat Ramadhan 2018 Naik 47,5%

Birny Birdieni
15-06-2018 03:05

Panitia Zakat Fitrah melayani pembayaran zakat umat muslim (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/yus4)

Jakarta, Gatra.com- Deputi BAZNAS M. Arifin Purwakananta mengatakan kepercayaan masyarakat akan kesadaran zakat naik tajam sebesar 47,5%. Pengumpulan zakat selama bulan Ramadhan 2018 menembus angka Rp59 milyar, naik dibandingkan Ramadhan tahun 2017 sebesar Rp40 milyar.

Menurut Arifin, animo masyarakat sedemikian tinggi dengan masih banyak yang berzakat di malam takbiran di penghujung Ramadhan ini. "Saya berharap dapat mencapai Rp61 Milyar Rupiah sampai pukul 24.00 nanti. Artinya saya berdoa kenaikannya akan mencapai 52,5% dari pencapaian Ramadhan 2017", ungkapnya kepada Gatra, Kamis (14/6).

Menurut Arifin, dalam Ramadhan ini BAZNAS berupaya dengan gencar memfasilitasi layanan kemudahan berzakat. Salah satunya yakni lewat bekerjasama dengan banyak provider layanan belanja digital.

Arifin menjelaskan, sekitar 20% penerimaan zakat BAZNAS terdiri dari UPZ Baznas yakni ASN (Aparatur Sipil Negara) dari kementrian, lembaga negara, Polisi, dan TNI. Sedangkan sekitar 80 % didapatkan dari masyarakat umum melalui berbagai moda pembayaran.

Tidak hanya itu, Arifin berharap perolehan zakat di BAZNAS daerah Lembaga-lembaga Amil Zakat se-Indonesia dapat tumbuh bersama secara baik. "Rata-rata kenaikan pengumpulan secara nasional adalah 20% setiap tahunnya", lanjutnya.

Lebih lanjut Arifin mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan dana umat tersebut akan diberikan kepada orang yang berhak. "BAZNAS akan memastikan zakat masyarakat Indonesia akan disalurkan untuk mustahik yang berhak sesuai dengan tuntunan syariah dan perundangan yang berlaku," pungkasnya.


Editor  : Birny Birdieni

Birny Birdieni
15-06-2018 03:05