Main Menu

Gelar Demoday Food Startup, Bekraf Pertemukan Startup Kuliner Dengan Investor

Fitri Kumalasari
30-06-2018 09:10

Demoday Food Startup Indonesia (FSI) 2018. (Dok. Bekraf/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Demoday Food Startup Indonesia (FSI) pada akhr Juli mendatang di Hotel Ciputra Surabaya. FSI adalah platform yang dibentuk Bekraf untuk menghubungkan pengusaha rintisan (startup) kuliner Indonesia dengan sumber permodalan. Tak hanya itu, FSI juga membantu para startup bergabung dalam ekosistem kuliner.

 

“FSI adalah platform yang mempertemukan wirausaha dengan investor, baik financial investor maupun partner usaha. Kita menyebutnya ekosistem food startup. Tahun ini juga kami buat paguyuban wirausaha alumni FSI. Harapannya ke depan ini menjadi perpanjangan tangan Bekraf dalam pengembangan wirausaha kuliner,” kata Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo di Jakarta.

Tahun ini tercatat 337 startup kuliner dari 113 kota di Indonesia yang mendaftar demoday melalui www.foodstartupindonesia.com. Dari jumlah itu, Bekraf telah memilih 95 startup kuliner yang bakal mengikuti demoday.

Mereka berkesempatan meningkatkan jaringan, mendapat mentoring dari ahli kuliner dan pendukung ekosistem kuliner tanah air, serta menarik minat investor melalui pitching. Ada 30 investor dan 30 mentor yang bakal menghadiri acara ini.

Fadjar juga menambahkan, kriteria yang diterapkan Bekraf dalam FSI utamanya adalah ide bisnis kuliner. “Bagaimana ide usaha bertemu sebesar-besarnya dengan permintaan pasar. Selain itu, kami juga melihat people behind business in startup.”

Nantinya, akan dipilih 30 startup untuk  mendapat kesempatan pitching di hadapan investor pada 1 Agustus. Kesempatan ini menjadi ajang bagi mereka meyakinkan investor pada produk yang mereka tawarkan. Tiga startup kuliner terbaik akan mendapat fasilitas dari Bekraf seperti keutamaan mendapatkan bantuan insentif pemerintah dan dukungan pameran di dalam maupun luar negeri.



Reporter: Fitri Kumalasari

Editor: Hendri Firzani 

Fitri Kumalasari
30-06-2018 09:10