Main Menu

Selenggarakan FSI, Setidaknya Sudah Rp 25 Miliar Dana Investasi Diserap Startup Kuliner Lokal

Fitri Kumalasari
30-06-2018 09:13

3 besar nama Food Startup Indonesia (FSI) 2017. (GATRA/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Hingga kini, sudah lebih dari Rp 25 miliar, dana investasi  yang diserap para alumni Food Startup Indonesia (FSI). “Secara garis besar investasi sekitar Rp 25 miliar. Ada 7 startup kuliner yang mendapatkan injeksi dari investor. Beberapa ada yang didapat dari venture capital, angel investor dan korporasi. Ini bagian dari sinergi antara korporasi dengan para startup,” ujar Fajar Hutomo, Deputi akses permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

 

Penyelenggaraan FSI sudah menginjak tahun ketiga. Akhir Juli nanti akan ada 95 startup kuliner lagi yang dipilih Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mengikuti Demoday FSI 2018 di Surabaya. “FSI adalah platform yang mempertemukan wirausaha kuliner dengan investor baik financial investor maupun partner usaha,” kata Fadjar

Demoday FSI pertama kali digelar pada November 2016 di Yogyakarta. Ada 10 finalis terbaik dari 50 startup kuliner yang mengikuti Demoday perdana tersebut.

Tahun berikutnya, Demoday diselenggarakan di dua kota sekaligus yaitu, Denpasar dan Bandung. Final Demoday sendiri dilaksanakan di Yogyakarta pada September 2017. Dari 2005 pendaftar, kemudian dipilih 150 startup yang kemudian didapatkan 29 finalis dan memunculkan 3 besar nama FSI 2017 yaitu Matchamu, Ladang Lima, dan Chillibags.

FSI dilatarbelakangi oleh minimnya  merek makanan lokal di mal-mal atau tempat lain.  Padahal menurut Fadjar, potensi pasar dalam negeri sangat besar. Kelas menengah Indonesia juga bertumbuh. 

Tapi, masalah utama yang seringkali dihadapi para perintis usaha kuliner adalah pendanaan, sehingga dibuatlah FSI untuk memfasilitasi pengusaha startup dengan investor. 



Reporter: Fitri Kumalasari

Editor: Hendri Firzani

Fitri Kumalasari
30-06-2018 09:13