Main Menu

Fokus Membiayai UKM dan Startup, Fintech ini Dapat Jutaan Dolar Dari Investor AS

Hendry Roris P. Sianturi
06-07-2018 00:14

Logo

Jakarta, Gatra.com - Bisnis Financial Technology (Fintech) lokal terus berkembang. Salah satu provider pembiayaan yang baru berdiri, Akseleran mendapat kucuran dana dari investor luar negeri dan dalam negeri berkisar US$ 2 juta atau sekira Rp 28 Milyar. "(Akseleran) Baru saja mendapat kucuran dana dari salah satu family office di New York dan Bintraco Dharma Holding. Tapi, nilainya masih sekitar US$ 2 juta,” kata Co Founder & CEO Akseleran Ivan Nikolas Tambunan kepada Gatra.com di kawasan SCBD, Jakarta Selatan (05/07).

 

Akseleran adalah sebuah perusahaan Fintech P2P Lending yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berdiri sejak Oktober 2017,  Akseleran telah memberikan  pinjaman usaha sebesar Rp.67 miliar kepada Usaha Kecil Menengah (UKM).

Berbeda dengan P2P lending lain, Akseleran fokus merambah UKM kelas menengah dan pelaku startup. “Akseleran hadir kan karena ada funding gap. UKM-UKM ini pada butuh modal kerja, yang efisien, tapi setiap kali mereka mau ngajuin, sulit. Dan mereka butuh dana cepat, tenornya pendek. Itu yang kita sediakan,” ujarnya.

Saat ini sudah ada 120 lebih UKM yang mengajukan pinjaman ke Akseleran. UKM-UKM tersebut bergerak di jasa supplier, kontraktor dan konsultan. “Rata-rata pinjaman Rp. 500 juta. Karena kita ngincarnya UKM mid-size,” katanya.

 Dengan adanya suntikan dana tersebut, Akseleran kian yakin mencapai target pengeluaran pembiayaan sebesar Rp. 200 miliar tahun 2018. “Tujuan fundraising kemarin kita mau expand untuk lebih kencang lagi. Akhir tahun kita targetnya mau disburse sampai ke angka Rp.200 miliar,” katanya.

Akseleran menyiapkan tiga strategi untuk mencapai target tersebut. Pertama, Berkolaborasi dengan perusahaan pembiayaan (multifinance) dan perbankan untuk menjadi lender atau pemberi pinjaman di Akseleran. Kedua, Akseleran akan meluncurkan aplikasi mobile baik di IOS maupun Android bulan Juli ini untuk memberikan kemudahan bagi peminjam dana.  Selama sembilan bulan ini, Akseleran hanya memiliki platform website untuk menjalankan bisnis pinjam meminjam. 

Strategi ketiga, melakukan ekspansi ke kota lain dengan mendirikan kantor cabang di beberapa kota, seperti Jogjakarta, Solo, Semarang dan Surabaya. Saat ini cabang Akseleran hanya ada di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat dan Balikpapan.


 

Reporter: Hendry Roris Sianturi

Editor: Hendri Firzani

Hendry Roris P. Sianturi
06-07-2018 00:14