Main Menu

SKK Migas Dukung Pelepasan Saham Partisipasi Aset Pertamina

Hendry Roris P. Sianturi
19-07-2018 14:16

Ilustrasi - Pertamina. (Dok. GATRA/Wisnu P/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendukung aksi sharedown (Pelepasan Saham Partisipasi) aset PT Pertamina (Persero) di sektor hulu migas. Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi menyampaikan bahwa kebijakan Menteri BUMN tentunya sudah melalui pertimbangan yang matang dan menjadi jalan terbaik.

"Kami berharap langkah ini dapat meningkatkan kinerja PT.Pertamina (Persero) khususnya di wilayah kerja hulu migas di Indonesia yang ditangani oleh PT Pertamina (Persero), serta secara signifikan dapat mendorong peningkatan produksi minyak dan gas bumi nasional," ujar Amien,  Kamis (19/07).

Amien juga berharap, melalui langkah strategis ini PT Pertamina (Persero) dapat lebih agresif mencari cadangan hulu migas yang baru. "Dan lebih efisien dalam melaksanakan program kerja di hulu migas," ujarnya.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi, SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher mengatakan praktik share down yang dilakukan Pertamina, adalah hal biasa dalam bisnis. "Perpindahan PI (Participating Interest) itu hal biasa. Cuma harus mengikuti ketentuan. Ketentuannya sudah ada di Permen (Peraturan Menteri), katanya kepada Gatra.

"Menteri BUMN-kan pemegang sahamnya. Bisa dicek ketentuannya di Pertamina seperti apa kalau terkait hal tersebut (share down)," sambungnya.

Wisnu juga mengatakan saat ini Pertamina belum melaporkan aset hulu mana saja yang akan mengalami pengurangan saham pemerintah. "Masih belum dilaporin. Tapi nanti pasti dilaporin. Kan dilaporin juga ke bu menteri," ujarnya.


Reporter: Hendry Roris Sianturi

Editor: Rosyid

Hendry Roris P. Sianturi
19-07-2018 14:16