Main Menu

Program Rise Dongkrak Usaha Penyandang Disabilitas

Gandhi Achmad
25-07-2018 20:56

Logo Maybank (Istimewa/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Maybank Indonesia bersama Maybank Foundation, kembali melanjutkan program pemberdayaan ekonomi berkelanjutan bagi komunitas penyandang disabilitas (Reach Independence & Sustainability Entrepreneurship/RISE) di Magelang dan Malang yang masing-masing dipusatkan di Gedung Wisma Sejahtera, Kedungsari, Magelang dan Balai Besar Pemerintahan Desa Malang pada 23-25 Juli 2018.

 

Program RISE bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM penyandang disabilitas. Sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya. Pelatihan di Magelang dan Malang diikuti masing-masing 40 dan 50 penyandang disabilitas, yang memiliki beragam lini usaha. Mulai dari penjahit, penjual makanan, penjual souvenir, jasa reparasi elektronik, pembuat kue dan kue kering, hingga usaha salón kecantikan.

 

Setiap peserta diberikan pelatihan tiga hari dan 3-6 bulan pendampingan. Dalam masa tiga hari tersebut, para peserta dibekali dengan pengetahuan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan perubahan pola pikir. Selanjutnya dalam program mentoring terstruktur selama 3-6 bulan, para peserta akan didampingi mentor secara personal untuk meningkatkan pendapatan dan kapasitas usaha, yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan taraf hidup para penyandang disabilitas.

 

Pelatihan RISE di wilayah Magelang merupakan yang kali pertama. Sedangkan di Malang merupakan pelaksanaan pelatihan RISE yang ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan pada 30 Januari-1 Februari (Batch 11) dan 5-7 Februari (Batch 12). Sedangkan untuk kedua pelatihan RISE di Malang telah menunjukkan hasil pelatihan yang signifikan.

 

Setelah 3-6 Bulan mentoring, pelatihan RISE Malang Batch 11, berhasil meningkatkan pendapatan 40 persen peringkat terbaik dari 50 peserta penyandang disabilitas sebesar 337 persen. Kemudian, keseluruhan kelas berhasil mendapatkan rata-rata kenaikan pendapatan (kotor) sebesar 197 persen.

 

Sedangkan pelatihan Batch 12 yang diikuti 49 penyandang disabilitas telah berhasil meningkatkan pendapatan 40 persen peringkat terbaik peserta sebesar 262 persen, dan keseluruhan kelas juga berhasil mendapatkan rata-rata kenaikan pendapatan (kotor) sebesar 120 persen.

 

Program RISE ini adalah rangkaian program untuk memberikan pelatihan kepada 2.200 penyandang disabilitas yang akan dilakukan di 13 kota di Indonesia hingga 2019. Kota-kota tersebut adalah, Bali, Bandung, Banten, Bogor, Bekasi, Malang, Medan, Makassar, Depok dan Tangerang, serta Magelang.

 

Menurut Head Corporate Communication & Branding, Esti Nugraheni, awal mulanya program RISE ini diinisiasi di Malaysia dan telah diikuti lebih dari 1.300 peserta di negara asalnya. Kemudian pada 2016 mulai dikembangkan ke regional, termasuk ke Indonesia dan Filipina.

 

“Melalui program RISE, Maybank Group turut mendukung upaya membangun komunitas berdikari, dengan menjangkau lebih banyak penerima manfaat dan berdampak positif bagi masyarakat, selaras dengan misi humanising financial services,” kata Esti.

 

Esti pun menjelaskan, program tersebut juga selaras dengan misi ASEAN dan lima sasaran United Naitons Sustainable Development Goals yaitu tanpa kemiskinan, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak serta untuk mengurangi kesenjangan.

 

Juvensius Judy Ramdojo, CSR & Maybank Foundation, Head, mengatakan pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu fokus corporate responsibility Maybank Indonesia. Semua itu selaras dengan misi humanising financial services. Maybank Indonesia secara konsisten memberikan perhatian kepada individu maupun komunitas wirausaha penyandang disabilitas dengan berbagai program.

 

“Semua itu bertujuan untuk meningkatkan semangat pantang menyerah, percaya diri serta meningkatkan keterampilan hingga meningkatkan kapasitas usaha untuk mencapai masa depan yang mandiri dan sejahtera melalui program RISE,” kata Juvensius.

 

Dengan peningkatan kapabilitas usaha, para penyandang disabilitas bukan hanya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi sesama komunitas penyandang disabilitas. Tetapi juga dapat mempekerjakan orang lain, termasuk dari masyarakat marjinal di sekitarnya sehingga dapat memberikan multiplier effect bagi masyarakat di sekitarnya.

 

“Dalam pelaksanaan program ini, Maybank Indonesia dan Maybank Foundation menjalin kemitraan dengan People Systems Consultancy,” tutur Juvensius.



Editor : Gandhi Achmad

Gandhi Achmad
25-07-2018 20:56