Main Menu

OJK Temukan 227 Usaha Pembiayaan Fintech Ilegal

Aulia Putri Pandamsari
27-07-2018 16:04

Tongam L Tobing (ANTARA Bali/dwa/re1)

Jakarta, Gatra.com - Kemudahan yang ditawarkan oleh fintech peer to peer lending memang menggiurkan. Hanya mengandalkan internet, dalam waktu 5 menit saja debitur dapat meminjam dengan minimum nominal sebesar Rp. 5000. Namun kemudahan yang ditawarkan tersebut tetap memerlukan kehati-hatian.


Otoritas Jasa Keuangan(OJK) melalui Satuan Tugas Waspada Investasi menemukan 227 entitas yang melakukan kegiatan usaha utang online atau peer to peer lending yang tidak terdaftar atau tidak memiliki izin usaha dalam menawarkan produknya. Padahal, perizinan tersebut merupakan syarat wajib seperti yang tertera dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan(POJK) No. 77/POJK.01/2016.

Ketua Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L. Tobing mengemukakan bahwa pihaknya telah memanggil entitas yang tidak terdaftar tersebut untuk menghentikan kegiatan peer to peer lending mereka. Selain itu, mereka juga diminta untuk menghapus semua aplikasi penawaran pinjam meminjam uang, menyelesaikan segala kewajiban kepada pengguna, dan untuk segera mengajukan pendaftaran ke OJK.

“Kami akan rutin menyampaikan informasi perusahaan fintech peer to peer lending yang tidak berizin. Selain itu peran serta masyarakat sangat diperlukan, terutama untuk tidak menjadi peserta kegiatan entitas tak berizin tersebut,” kata Tongam di kantornya, pada Jumat(27/7).


Sampai Juni 2018, volume pembiayaan fintech peer to peer lending mencapai Rp. 7 trilyun. “Penyaluran pembiayaan fintech sampai bulan Juni 2018 yang mencapai Rp. 7 trilyun itu merupakan akumulasi dari beberapa perusahaan fintech,” tutur Hendrikus Passagi,  Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan(OJK) saat ditemui usai acara Indonesia Fintech Fair 2018, pada 13 Juli lalu.

Lebih lanjut, OJK juga mencatat  besaran penyaluran tersebut berasal dari 63 fintech yang sudah resmi dan mendapatkan perizinan dari OJK. Informasi mengenai ke-63 fintech peer to peer lending yang terdaftar atau memiliki izin dari OJK tersebut dapat diakses melalui www.ojk.go.id.

 


Reporter: APP

Editor: Rosyid

 

Aulia Putri Pandamsari
27-07-2018 16:04