Main Menu

Sektor Pertanian Terus Menguat di Triwulan II 2018

Abdul Rozak
08-08-2018 17:10

Ilustrasi - Pertanian. (GATRA/Ridlo Susanto/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Produk domestik bruto (PDB) sektor pertanian merupakan yang tertinggi berdasarkan lapangan usaha di triwulan II tahun 2018. Capaian tersebut berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada Selasa (6/8).


Dalam keterangan tertulis kepada Gatra.com, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, kenaikan di sektor pertanian sangat baik secara year on year (yoy). Beberapa sub sektor pertanian dan waktu musim panen mempengaruhi pertumbuhan pertanian.

"Sektor pertanian menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional," kata Suharyanto, Rabu (8/8).

Pertumbuhan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 9,3%. Persentase tersebut diperoleh secara perhitungan pertumbuhan Q to Q. Jika mengacu kepada struktur PDB pertumbuhan ekonomi menurut lapangan usaha pada triwulan II, pertanian menempati peringkat kedua. Secara struktur PDB, sektor pertanian memperoleh 13,63% (yoy).

Kemudian juga dengan catatan pertumbuhan ekonomi, sektor pertanian menyumbang kenaikan 4,76% yoy. Sektor pertanian semakin mencapai penguatan. Hal itu dipengaruhi oleh faktor fenomena puncak panen raya padi terjadi pada Maret 2018 hingga akhir triwulan II. Kemudian cuaca di tanah air lebih kondusif jika dibandingkan tahun lalu.

"Fenomena ketiga adalah pengembangan teknologi pakan mandiri yang berkontribusi positif pada produksi perikanan budidaya," lanjut Suharyanto.

Pada triwulan I 2018, sektor pertanian sempat mengalami penurunan menjadi 0,42%. Penurunan terjadi itu tak berlangsung lama sebab BPS mendata pada triwulan II 2018, pertanian melonjak mencapai 0,64%, bahkan melebihi tahun lalu (yoy).


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
08-08-2018 17:10