Main Menu

Sudah Saatnya UMKM Beralih ke Digital

Annisa Setya Hutami
14-08-2018 18:33

Pameran UMKM (GATRA/Agriana Ali/yus4)

 

Jakarta, Gatra.com - Menuju industri 4.0, manajemen kerja dan pemasaran UMKM diharapkan dapat beralih ke sistem digital. Hal ini dapat dilakukan melalui kerjasama antara pelaku UMKM dengan pelaku eCommerce. Acara Exabytes eCommerce Conference (EEC) yang digelar pada Selasa (14/8), mempertemukan kedua sektor tersebut.

 

"Kami mendukung persiapan ekosistem UMKM menuju 4.0. Berharap EEC 2018 dapat menjadi tempat belajar dan berbagi untuk UMKM di Indonesia. Selain itu, gelaran ini juga menjadi tempat membangun koneksi, sehingga ekosistem pun dapat tumbuh secara berkelanjutan," ujar Country Manager Exabytes Indonesia, Indra Hartawan.

Selama ini jumlah UMKM online masih sedikit. Namun mulai berkembang seiring kemudahan bertransaksi. Guna mendukung hal tersebut, maka ia memberikan subsidi 1 tahun dan gratis bagi pelaku usaha kecil menengah yang ingin bertransformasi ke arah digital.

"ECommerce arahnya kesana. Disini mereka bisa sharing dengan brand besar. Hal terpenting yaitu branding," katanya.

Country Brand Manager Shopee Indonesia, Rezki Yanuar mengatakan ini merupakan sebuah komitmen untuk membantu UKM. Ekosistem dan daya dukung menjadi luas. Terdapat kesempatan besar. Sampai sekarang, sistem telah terbentuk melalui 48 juta download di berbagai wilayah penjuru Indonesia.

"Pasar eCommerce terbentuk ketika semua orang membicarakannya. eCommerce booming dari persaingan. Sudah ada pasar kelas atas dan meliputi kota kecil," tuturnya, menyinggung tingginya pasar eCommerce dan masuk sampai ke pelosok tanah air yang terjangkau oleh jaringan internet.

Reporter: Annisa Setya Hutami 

Editor: G.A. Guritno

Annisa Setya Hutami
14-08-2018 18:33