Main Menu

Program Warja Berdayakan UMKM Bantu Masyarakat Miskin

Mukhlison Sri Widodo
30-08-2018 16:24

Program Warja (Warga dan Warung Jadi Sejahtera). (Dok. Dompet Duafa/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Dompet Dhuafa bekerja sama dengan PT. Weyland Indonesia Perkasa dan Perkumpulan Gerakan OK OCE meluncurkan program Warja (Warga dan Warung Jadi Sejahtera). 

 

"Ini merupakan program yang memberikan jaminan makan (tidak lapar) kepada kaum dhuafa yang sekaligus memberdayakan warung makan kecil," ujar Direktur Dakwah dan Layanan Tanggap Darurat Dompet Dhuafa Filantropi, Ust. Ahmad Shonhaji melalui rilis yang diterima Gatra.com Kamis sore (30/8). 

Menurut Ahmad, kerja sama ini merupakan bagian dari strategi untuk terus memberikan bantuan kepada keluarga yang tidak mampu dengan metode aman, efektif dan manusiawi. Di sisi lain, program ini memberikan tambahan omset usaha kepada pengusaha makanan (warteg) yang banyak tersebar di Jakarta. 

Dompet Dhuafa sengaja bekerja sama dengan Perkumpulan Gerakan OKOCE atau PGO OKOCE yang saat ini memiliki jumlah anggota terdaftar lebih dari 35 ribu UMKM. 

Sedangkan PT. Weyland Indonesia Perkasa mempunyai aplikasi bernama Atozpay. Aplikasi ini memberikan alternatif solusi IT bagi pemerintah DKI Jakarta untuk bisa mendistribusikan bantuan.

Coach Faransyah Jaya sebagai ketua PGO OKOCE berharap, pengusaha makanan (warteg) yang terdaftar sebagai anggota OKOCE bisa membantu pemerintah mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang tidak mampu. 

Targetnya, program ini akan melibatkan 1000 warteg yang tersebar di DKI Jakarta. Harapannya,  penerima bantuan mudah mendapatkan bantuan di sekitar tempat tinggalnya kapan saja. 

Sementara menurut Djunaedy Hermawanto selaku Direktur Utama Atozpay, pihaknya menciptakan sistem yang sangat memudahkan penerima bantuan dimana orang-orang yang menerima kartu Warja. 

Mereka tinggal datang ke warteg yang ada logo Warja. Oleh warteg, kartu tersebut akan di scan barcode untuk penukaran voucher makan nya.

Peluncuran Kartu Warja ini diresmikan oleh Walikota Jakarta selatan, Marullah Matali. Ia berharap, program yang bernafaskan gerakan ini akan memberikan dampak positif yaitu kepada pengusaha warteg sekaligus penerima manfaat kartu.

Ahmad berharap, keikutsertaan dan kontirbusi Dompet Dhuafa dalam pengembangan WARJA (Warga dan Warung Sejahtera) akan menjadi pionir dalam mensejahterakan masyarakat wilayah DKI Jakarta. 

Selain itu juga memberikan jaminan bagi dhuafa untuk terus berkembang dan dapat membantu sesama. 

"Semoga dengan program tingkat kemiskinan di wilayah ini dapat menurun sehingga menjadi contoh wilayah di luar Jakarta”, pungkasnya.


Reporter: Umaya Khusniah
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
30-08-2018 16:24