Main Menu

Menperin: Komoditas yang Dibatasi Impornya Segera Diumumkan

Rosyid
04-09-2018 14:46

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (GATRA/Agriana Ali/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah sedang mengkaji kemampuan industri untuk melakukan substitusi bahan terkait rencana pembatasan impor. Pembatasan impor terhadap ratusan produk atau bahan dilakukan sebagai salah satu upaya untuk merespons kondisi perekonomian yang berkembang.

 

 

"Ya itu akan kami diskusikan. Finalisasinya besok. Bisa lebih bisa kurang dari 900 (produk)," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (4/9) kepada Antara.

Pemerintah akam memilih jenis produk bahan baku, barang antara, ataupun barang hilir yang akan dibatasi impornya.

"Industri sudah pasti kalau ada bahan di dalam negeri pasti dibeli, ini 'working capital' maupun dari segi efisiensi," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah memang tidak akan memberikan sanksi meski jika ada industri yang belum memakai bahan baku lokal.

"Kita enggak akan berikan sanksi, karena kan namanya industri kita tidak berikan sanksi. Kalau investasi justru insentif yang didorong. Dan konten domestik, seperti otomotif ini banyak kan menguntungkan," katanya.

Pada kesempatan yang sama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan komoditas yang akan dibatasi impornya akan segera diumumkan Rabu sore (5/9) atau Kamis (6/9). "Sudah, nanti kita umumkan PMK-nya besok sore, atau Kamis," katanya.


Rosyid

Rosyid
04-09-2018 14:46