Main Menu

Selamatkan Rupiah, Pemerintah Siapkan Peraturan Baru Soal Ekspor

Ervan
04-09-2018 14:55

Presiden Joko Widodo memimpin Rapat Terbatas stabilitas Rupiah di Istana Negara (ANTARA/Puspa Perwitasari/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil para menteri dan pejabat negara terkait pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Apa yang dibahas?

 

"Intinya adalah pembahasan hari ini merinci lebih lanjut untuk langkah-langkah yang tadinya dianggap kurang konkret. Presiden ingin supaya kebijakan dan langkah-langkah betul-betul konkret," ujar Menko Perekonomian, Darmin Nasution usai rapat yang berlangsung hampir 2 jam di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (4/9).

Dalam waktu dekat, lanjut Darmin, pemerintah akan menerbitkan aturan baru tentang ekspor agar nilai tukar rupiah stabil dan menguat.

"Nanti kita menjelaskan ekspor persisnya apa, targetnya apa tujuannya ke mana, memang itu perlu rinci sekali sehingga nanti kita bisa memprediksi seperti apa perkembangan sebulan ke depan," ucap Darmin.

Menteri dan pejabat negara yang dipanggil yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Ketua DK OJK Wimboh Santoso, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Selain itu juga datang Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri ESDM Ignasiun Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.


Reporter: Ervan Bayu
Editor: Hidayat Adhiningrat P

 

 

 

 

Ervan
04-09-2018 14:55