Main Menu

Jonan Akan Beri Sanksi Perusahan Tak Dukung Dana Ekspor Kembali

Birny Birdieni
05-09-2018 10:38

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan. (ANTARA/Wahyu Putro A/RT)

Jakarta, Gatra.com- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan akan menetapkan peraturan bahwa semua ekspor harus pakai letters of credits (LC) dengan hasil 100% kembali ke Indonesia.

 

Hal ini berlaku baik itu dalam bentuk Dollar Amerika Serikat atau ditempatkan di bank-bank Pemerintah Indonesia di luar negeri.

"Uangnya sudah kembali belum ke Indonesia Jika uang hasil ekspor tersebut tidak kembali, perusahaan dapat dikenakan sanksi untuk mengurangi ekspornya," ungkap Jonan dalam rilis yang diterima Gatra.com, Rabu (5/9).

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot Aryono menambahkan bahwa Ditjen Minerba akan melakukan pemantauan dengan meminta laporan setiap bulan dari perusahaan. Ini untuk mengevaluasi apakah perusahaan memenuhi persyaratan yang ditetapkan atau tidak.

Syaratnya yaitu harus meletakkan uangnya di bank devisa di Indonesia atau Bank Pemerintah Indonesia di luar negeri. "Bagaimana kalau dia tidak memenuhi syarat? Ditjen Minerba sedang memikirkan sanksinya berupa pengurangan produksi," ia menegaskan.

Bambang mengatakan bahwa hal itu akan dilihat dalam kurun per bulannya. "Ada berapa dan akan kita tetapkan kira-kira berapa pantas untuk diberikan pengurangan produksi," ungkapnya.


Birny Birdieni

Birny Birdieni
05-09-2018 10:38