Main Menu

BMW Rakit MINI di Sunter, Harga Turun Signifikan

Rosyid
06-09-2018 19:06

MINI dirakit lokal di Indonesia. (GATRA/Rosyid/RT)

Jakarta, Gatra.com - Untuk pertamakalinya BMW Group Indonesia merakit model MINI secara lokal di Indonesia. Dua varian MINI Cooper Countryman yang dirakit lokal ditawarkan dengan harga lebih murah dibandingkan versi impor utuh (Completely Build Up/CBU).

 

Proses perakitan yang dilakukan PT Tjahja Sakti Motor di BMW Group Production Network 2, PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara. Unit terakhir dari batch pertama keluar dari jalur produksi hari ini, Kamis (6/9). Dua varian rakitan Sunter, New Mini Cooper Countryman dan New Mini Cooper S Countryman Sports, dijual masing-masing dilepas denga harga Rp599 juta dan Rp769 juta berstatus off-the-road, lebih murah dari versi CBU yang sebelumnya dijual Rp660 juta dan Rp865 juta.


“Indonesia merupakan pasar yang penting untuk strategi ini dan MINI memiliki potensi besar baik dalam jangka waktu menengah maupun jangka panjang. Inilah salah satu alasan MINI Indonesia memutuskan untuk merakit New MINI Countryman secara lokal,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia. Dia memastikan kualitas MINI rakitan Indonesia setara dengan produk Mini secara global.

"Di mana pelanggan Mini akan mendapatkan kendaraan berkualitas-tinggi dengan harga yang kompetitif dan waktu pengiriman yang lebih cepat," kata Ramesh Divyanathan.

Dalam jajaran model-model MINI, New Mini Countryman merupakan model dengan dimensi terbesar dengan beragam fitur baru paling lengkap, termasuk inovasi tata ruang, fungsi, desain, dan karakteristik premium.

Presiden Direktur PT Gaya Motor, Ary Mariano, mengatakan bahwa proses perakitan Mini di pabrik Sunter sama dengan cara mobil itu dirakit di negara lain, sehingga menawarkan kualitas berstandar global. Soal investasi, Mariano menyebutkan sebagian besar investasi untuk pengembangan SDM. Jalur produksi MINI menyerap 300 tenaga kerja. Menurut Mariano, persiapan perakitan lokal MINI dimulai sejak setahun lalu. "Saya sangat bersemangat sejak terlibat dalam persiapan awal," akunya. Pihak prinsipal dari Inggris beberapa kali datang untuk mengevaluasi dan menganalisa fasilitas pabrik milik Astra International itu. Selain itu, sejumlah karyawan PT Gaya Motor juga dikirim untuk belajar.

Dengan dirakitnya MINI, maka produk BMW Group Indonesia yang dirakit di dalam negeri antara lain BMW X1, X3, X5, Seri 3, Seri 5, dan Seri 7.


Rosyid

Rosyid
06-09-2018 19:06