Main Menu

Kualitas Tenaga Kerja Indonesia Bisa Jadi Yang Terbaik di ASEAN

Rosyid
06-09-2018 21:42

Logo (inaskills-electronics.com/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Kualitas tenaga kerja Indonesia bisa jadi yang terbaik di ASEAN. Hal itu tercermin dari keberhasilan Delegasi Indonesia meraih juara kedua pada ajang ASEAN Skills Competition (ASC) ke-XII di Thailand dengan raihan 13 emas, 6 perak, 8 perunggu, dan 7 medali diploma.

 

 

Pundi-pundi Indonesia masih kalah dari tuan rumah Thailand yang (16 emas, 4 perak, 3 perunggu dan 13 diploma) namun rata-rata nilai tim Indonesia lebih tinggi dibanding Negara Gajah Putih tersebut.

Nilai rata-rata Indonesia 717,66 dari 22 kejuruan yang diikuti 44 kompetitor, sedangkan Thailand memperoleh nilai 707,81 dari 26 kejuruan yang diikuti 52 kompetitornya.

"ASC kali ini tidak ada juara umum karena peraih medali emas terbanyak Thailand nilainya lebih rendah daripada Indonesia. Ini mengindikasikan kualitas skill dari angkatan kerja muda kita sedikit lebih baik di atas Thailand," tutur Menaker Hanif, Kamis (6/9).

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengapresiasi pencapaian itu.  Apresiasi tersebut diberikan dalam bentuk pemberian uang tabungan masing-masing senilai Rp25 juta kepada peraih medali emas, Rp 20 juta (perak), Rp15 juta (perunggu), Rp12,5 juta (diploma).

Selain itu, para peraih medali juga mendapat apresiasi dari Bank BNI. Untuk peraih medali emas mendapatkan Rp2 juta, perak Rp1,5 juta, perunggu Rp1 juta, dan Diploma Rp500 Ribu.

Lebih lanjut, Menaker Hanif mengatakan, 44 kompetitor yang telah berprestasi di ASC akan dipekerjakan menjadi instruktur di Balai Latihan Kerja (BLK) milik Kemnaker.

Bahkan Menaker Hanif mengaku akan bicara dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam rangka menjajaki kemungkinan menjadikan mereka sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) seperti atlet berprestasi di ASIAN Games 2018.
Mewakili delegasi Indonesia, dua wakil dari Indonesia, Mohammad Khafid Fauzi dari PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan Agung Prasetyo dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil meraih medali dalam ajang Asean Skill Competition (ASC) 2018 untuk kategori Car Painting. Fauzi berhasil mendapatkan medali perunggu sedangkan Agung berhasil meraih Medali of Excellence.

Ajang kompetisi keterampilan untuk pemuda-pemudi ASEAN ini diselenggarakan pada 26 Agustus - 5 September di IMPACT Exhibition and Convention Center, Muang Thong Thani, Thailand, dan diikuti 10 negara dengan jumlah peserta 332 orang dalam 26 kategori kompetisi.

“Ini merupakan pertama kalinya Toyota Indonesia ikut serta dalam ajang ASC yang sudah berlangsung 12 kali dan mendapatkan prestasi yang membanggakan. Selamat kepada para pemenang, terimakasih untuk prestasi dan semangat juang yg ditunjukkan. Semoga ini menjadi pemicu untuk dapat terus memberikan yang terbaik khususnya untuk pelayanan yang diberikan Toyota kepada masyarakat,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dalam keterangan resminya, Kamis (6/9).


Rosyid

Rosyid
06-09-2018 21:42