Main Menu

Listrik untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Ekonomi

Flora Librayanti BR K
06-09-2018 23:58

Bambang Brodjonegoro saat meninjau proyek revitalisasi dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Provinsi Jambi.(Dok. KESDM/re1)

Lubuk Bangkar, Gatra.com - Badan PBB untuk Pembangunan (United Nations Development Programme, UNDP), Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), serta Bank Jambi garap proyek revitalisasi dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di empat titik di Provinsi Jambi.



“Listrik itu bisa membawa pendidikan lebih baik. Anak-anak bisa mempunyai waktu lebih banyak untuk belajar,” ujar Deputy Country Director UNDP Indonesia, Sophie Kemkhaze disela-sela peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Desa Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asal, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Rabu (5/9).

Sophie menyebut kalau dukungan UNDP untuk program ini karena sesuai dengan sejumlah target pada tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDGs). Tujuan untuk pengetasan kemiskinan dan penyejahteraan masyarakat melalui peningkatan akses pada energi (SDGs nomor 1 dan 7).

Senada dengan itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/ Kepala Badan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro menyatakan harapannya agar akses terhadap listrik ini bisa meningkatkan pula ekonomi lokal. “Tak sekedar ada listrik dan memperbaiki rasio elektrifikasi, tapi yang lebih penting adalah ekonomi daerah akhirnya akan berkembang cepat,” katanya di tempat yang sama.

Maka, ia mendorong warga untuk mengembangkan produk yang memiliki nilai tambah. Di Lubuk Bangkar sendiri sebagian besar warga adalah petani. Demikian pula di Desa Air Liki, Air Liki Baru, dan Ngaol di Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin yang merupakan tiga lokasi revitalisasi PLTMH. Hasil tani antara lain karet, kayu manis, padi, dan terbaru adalah kopi. Bambang mengajak warga juga untuk melakukan penggilingan kopi, produk karet hasil sadapan, makanan olahan, produk kemasan, dan lain sebagainya.

“Nilai tambah pasti akan lebih baik. Kami harap kemiskinan yang masih ada di Jambi, makin lama akan makin hilang. PLTMH ini sangat strategis. Tujuan mengentaskan kemiskinan, membangun infrastruktur, memberdayakan energi baik karena renewable menjadi satu paket utuh,” sebut Bambang.



Flora L.Y. Barus

 

Flora Librayanti BR K
06-09-2018 23:58