Main Menu

Isu BBM Naik Cuma Hoaks

Hidayat Adhiningrat P.
08-09-2018 15:44

Antrean pengisian BBM di SPBU (GATRA/Adi Wijaya/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Dalam keadaan nilai rupiah yang sedang melemah terhadap dolar Amerika Serikat, muncul isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Isu tersebut kembali merebak di media sosial dan melalui broadcast layanan pesan singkat.

 

Narasi yang dibangun dalam isu tersebut adalah, "Malam ini ada kenaikan harga BBM, yaitu premium Rp 9.500 per liter, pertalite Rp 11.000 per liter dan Pertamax Rp 14.000 per liter."

Isu ini sudah diklarifikasi beberapa hari yang lalu oleh pihak PT Pertamina (Persero). Pertamina menegaskan bahwa harga BBM di SPBU Pertamina tidak mengalami penyesuaian atau kenaikan.

"Harga BBM Pertamina masih tetap dan belum ada rencana penyesuaian harga," tegas Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, dalam siaran persnya, Rabu (5/9).

Sebagai salah satu badan usaha hilir migas, kata Adiatma, Pertamina akan terus memantau kondisi nilai tukar rupiah. Pertamina tetap mampu menjaga penyediaan dan melayani kebutuhan BBM di masyarakat.

Selaku Badan Usaha, lanjutnya, Pertamina akan melaporkan setiap perubahan harga BBM kepada Pemerintah cq Menteri ESDM, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 tahun 2018 tentang perhitungan harga jual eceran BBM.

"Pertamina patuh pada aturan Pemerintah bahwa setiap penyesuaian harga harus dilaporkan dahulu," jelas Adiatma.


Hidayat Adhiningrat P

Hidayat Adhiningrat P.
08-09-2018 15:44