Main Menu

Rudiantara : Manfaatkan Ekonomi Digital Untuk Kurangi Kesenjangan

Bernadetta Febriana
11-09-2018 23:33

Menkominfo Rudiantara (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Kesenjangan kesejahteraan di antara negara ASEAN harus dikurangi. Salahsatunya dengan memanfaatkan ekonomi digital.

 


Hal itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dalam World Economic Forum on ASEAN Start Ups di NCC, Ha Noi, Vietnam, Selasa (11/9).  “Seluruh negara ASEAN menghadapi kesenjangankesejahteraan yang tercermin dalam angka gini ratio. Kita harus mempromosikan ekonomi digital sebagai salah satu cara untuk mengurangi gini ratio,” ujar Rudiantara, dikutip dari rilis Kominfo. 

 


Rudiantara yang juga menjabat sebagai Dewan WEF Digital ASEAN Governor menyatakan peluang ekonomi digital bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan dan mengurangi kesenjangan ekonomi.

 


“Indonesia telah berhasil mengurangi jadi 39% setelah sebelumnya selalu di atas 40%. Vietnam bisa sampai 37%,” katanya.

 


Dalam forum bertema Ekosistem Inovasi dan Kewirausahaan yang dipandu oleh pendiri dan Ketua Eksekutif World Economic Forum Klaus Schwab, dibahas mengenai revolusi Industri ke-4 dan peran generasi berikutnya untk merintis jalan melalui perubahan kebijakan.

 


Panel dibuka dengan fokus pada upaya pemerintah dalam membantu dan memfasilitasi pertumbuhan start up digital. Dalam panel tersebut, Rudiantara menekankan kembali peran pemerintahsebagai fasilitator dan akselerator untuk mendorong perkembangan ekonomi digital.

 


“Kami selalu berupaya memfasilitasi bahkan melakukan akselerasi untuk mendorong kemunculan start up digital,” ujarnya. Jika ada yang bertanya bagaimana mengembangkan start up, lanjutnya, ia akan menjawab: follow the money.


Bernadetta Febriana 


 

Bernadetta Febriana
11-09-2018 23:33