Main Menu

Mendag Ingatkan Industri TPT Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri

Abdul Rozak
14-09-2018 21:58

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita.(GATRA/Ardi Widi Yansah/re1)

Bandung, Gatra.com - Perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok dipastikan membawa dampak terhadap perdagangan Indonesia. Serbuan barang impor produk Tiongkok, sulit dibendung pemerintah.

 

Meski demikian, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengajak industri dalam negeri jeli meliat peluang di balik perang dagang AS - Tiongkok.

Hal ini disampaikan Mendag di depan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API). "Dengan kondisi ini justru kita dorong industri dalam negeri untuk mengisi pasar kita. Barang masuk dari luar itu tidak bisa dihentikan, tapi isi dengan barang kita dulu," kata Enggar di Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/9).

Pemerintah, sambung Enggar, terus mendorong industri dalam negeri untuk mampu mencukupi kebutuhan domestik. Salah satunya industri tekstil dan produk tekstil (TPT). Pemerintah juga mendorong API segera menyelesaikan peta jalan atau roadmap industri TPT.

Dengan roadmap ini, peluang TPT untuk kebutuhan domestik dan ekspor bisa terpenuhi. "Sekarang untuk ekspor TPT kita kejar, semua negara yang mau bikin perjanjian perdagangan kita sisipkan TPT. Tapi ingat kebutuhan domestik juga harus terpenuhi," tandas politisi Partai Nasdem ini.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Mukhlison 

Abdul Rozak
14-09-2018 21:58