Main Menu

Jack Ma Prediksi Perang Dagang AS-Cina akan Berlangsung 20 Tahun

Flora Librayanti BR K
19-09-2018 11:10

Pendiri Alibaba Group, Jack Ma (Sek Samyan/ Shutterstock.com/FT02)

Shanghai, Gatra.com – Jack Ma memprediksi bahwa ketegangan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Cina akan berlangsung lebih lama daripada masa pemerintahan Trump. Bahkan walau Trump memenangkan kursi kepresidenan kali kedua.

 

“Perang dagang ini bisa jadi berlangsung sampai 20 tahun,” sebut pendiri Grup Alibaba tersebut disela-sela event Alibaba di Shanghai, Selasa (18/9).

Pernyataan ini disampaikan Jack Ma sesaat setelah Presiden Donald Trump mengumumkan pemberlakuan tarif pada sekitar US$200 miliar produk Cina. Pajak 10% tersebut akan berlaku efektif per 24 Septemberr nanti dan akan ditingkatkan sampai 25% pada akhir tahun, seperti dilansir dari Wall Street Journal mengutip salah satu pejabat administratif.

Pengenaan tarif tersebut akan diberlakukan pada sejumlah produk mulai dari koper sampai seafood. Trump ngotot menyebut Cina mengambil keuntungan dari kebijakan perdagangan AS. Pemerintah Cina telah berjanji untuk membalas demi mempertahankan kepentingan mereka.

Jack Ma menyampaikan pada para pemegang saham Alibaba bahwa perang dagang ini memang “melawan Cina”. Tapi dia mendorong agar pemerintahnya melakukan “peningkatan” atau upgrade agar bisa membuka pasar Cina bagi para investor asing.


Flora L.Y. Barus

 

 

 

Flora Librayanti BR K
19-09-2018 11:10