Main Menu

BUMN Cina Siap Majukan Infrastruktur Indonesia

Nur Hidayat
19-09-2015 14:09

Markas pusat CEMC di Cina (GATRAnews/dok)

Jakarta, GATRAnews - Pembangunan infrastruktur di Indonesia yang berkembang pesat membuat salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) negara Cina, yakni China Machinery Engineering Corporation (CMEC), berniat menanamkan investasi di tanah air.

Menurut, Presiden & CEO CMEC, Zhang Chun, perusahaannya akan menganut standar internasional dalam pengelolaan proyek yang dilakukan nantinya. Tidak hanya itu, ia juga akan menggunakan hukum dan peraturan setempat dan memperhatikan lingkungan serta tanggung jawab sosial.

"Kami berharap mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat untuk meletakan landasan yang kuat bagi pembangunan Indonesia yang berkelanjutan,"ujarnya, Kamis, (17/9), di Jakarta.

Lebih lanjut ia menjelaskan, rencana investasi tersebut dalam rangka terlibat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. "Tahun ini menandakan ulang tahun ke 65 hubungan diplomatik China dan Indonesia, ekonomi Indonesia telah berkembang pesat dan rencana global marine fulcrum, " tambahnya.

Ia bilang sejak 1980 CMEC telah membangun hubungan ekonomi yang erat melalui penyediaan peralatan untuk pabrik - pabrik kaca dengan kapasitas peleburan 20 ton per hari, float glass plant 300 dan 500 ton per hari, trafo, kabel oil filled dan pembenahan pabrik produk alumunium.

"CMEC akan mendukung program tersebut dan akan menambah investasinya melalui kerjasama yang saling menguntungkan dengan pengoperasian tahap pertama pembangkit listrik tenaga batu bara 10 ribu MW, pembangunan pembangkit listrik 35 ribu MW fase berikutnya dan infrastruktur lainnya," katanya.


Reporter: Wanto

Editor: Nur Hidayat 

Nur Hidayat
19-09-2015 14:09